Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Ketua DPC Tewas, PPP Minta Polisi Usut Tuntas dan Tangkap Pelaku

Kompas.com - 19/03/2018, 10:15 WIB
Caroline Damanik

Editor

JOMBANG, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy meminta polisi mengusut tuntas kasus tewasnya Wakil Ketua (Waket) DPC PPP Jombang, Muhammad Syafii Has (58).

Jenazah Syafii ditemukan dalam kondisi tanpa busana di kebun tebu wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dengan luka di kepala bagian belakang, Jumat (16/3/2018).

"Kalau betul bukan kematian yang wajar karena terjadi kekekerasan atau bahkan pembunuhan, ini kriminalitas," kata Romy setelah menghadiri Bedah Pemikiran Tiga Rektor Universitas Hasyim Asy'ari di Ponpes Tebuireng, Jombang, Sabtu (17/3/2018).

Menurut Romy, polisi harus melakukan investigasi hingga tuntas jika menemukan unsur pidana pada kasus tewasnya Syafii.

"Kami mendesak (diusut) karena ini menyangkut politisi di tingkat lokal. Ini harus bisa dituntaskan dan ditangkap pelakunya," ujarnya.

(Baca selengkapnya: Wakil Ketua DPC PPP Jombang Ditemukan Tewas Tanpa Busana)

Sejauh ini, lanjut Romy, pihaknya belum mendapat informasi adanya kaitan tewasnya Syafii dengan dinamika politik di Pilkada Jombang.

"Kami belum menerima info motif lain, kecuali kriminal. Yang bersangkutan memang politisi. Tapi kami belum menerima informasi berkaitan dengan politik. Namun tak menutup kemungkinan ada kaitannya dengan politik di Pilbup Jombang," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Syafii ditemukan tewas di sebuah kebun tebu di pinggir Sungai Brantas, Mojokerto, Jawa Timur, Jumat lalu.

Saat ditemukan, jenazah dalam keadaan tanpa busana dan hanya mengenakan pakaian dalam.

(Baca juga: Kisah Difabel Pengemudi Ojek "Online", Penumpang Kerap Batalkan Pesanan Setelah Bertemu (1))

Pakaian, dompet, dan ponsel korban ditemukan di sekitar jenazah. Sepeda motornya pun masih ada di seberang jalan dari lokasi temuan jenazah.

Jenazah korban dibawa ke kamar mayat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto. Ditemukan pula luka pada kepala bagian belakang.

Polisi telah menangkap seorang waria berinisial V yang diduga terkait dengan kematian Syafii. Syafii sempat terlihat bercakap-cakap dengan waria tersebut sebelum ditemukan tewas.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Ketum PPP Romy Desak Polisi Usut Tewasnya Waket PPP Jombang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com