Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Kagumi Berkembangnya UMKM di Ponpes Idrisiyah, Tasikmalaya

Kompas.com - 18/03/2018, 16:19 WIB
Irwan Nugraha,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengagumi usaha mikro kecil menengah (UMKM) berbasis pesantren yang berkembang di Pondok Pesantren Idrisiyah, Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sandiaga menemani calon wakil gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu berkeliling ke pesantren-pesantren di Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (18/3/2018) siang.

"Saya ke sini bareng Pak Syaikhu mengecek perkembangan ekonomi di akar rumput dan kagum dengan berjalannya ekonomi berbasis pesantren di Ponpes Idrisiyah Tasik. Ini salah satu contoh roda ekonomi bergerak dan tercipta di akar rumput," kata Sandiaga di salah satu warung modern K-Mart yang dikelola santri setempat, Minggu siang.

Baca juga: Sandiaga Yakin Sudrajat-Syaikhu Akan Menangi Pilkada Jawa Barat

Dirinya berharap pengelolaan ekonomi berbasis pesantren ini bisa tumbuh diadopsi pesantren-pesantren lainnya.

Bahkan, lanjut dia, UKM yang berkembang di Ponpes Idrisiyah bisa juga diadopsi ke Jakarta. Hal ini dapat membuat warga lebih sejahtera.

"Selama ini DKI dan Jabar selalu sinergis. Apalagi Jabar sebagai daerah penyangga ibu kota. Kami dengan Pak Aher (Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan) selama ini selalu berkolaborasi dengan baik," ujarnya. 

Baca juga: Sudrajat-Ahmad Syaikhu Bidik Pemilih Perempuan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan calon wakil gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu saat mengunjungi Pondok Pesantren Idrisiyah, Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018). KOMPAS.com/IRWAN NUGRAHA Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan calon wakil gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu saat mengunjungi Pondok Pesantren Idrisiyah, Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018).
Calon wakil gubernur Jawa Barat Ahmad Syaikhu mengatakan, kunjungannya ini sebagai ajang silaturahim yang sebelumnya sudah tercipta dengan baik.

Ia dan Sandiaga meyakini pasangan calon Sudrajat-Syaikhu akan memperoleh suara terbanyak di Tasikmalaya. 

"Saya optimis di Tasikmalaya yang religius dan berbasis pesantren ini akan memperoleh dukungan terbanyak. Apalagi selama ini, Pak Aher sebagai Gubernur Jabar yang juga satu partai, PKS, sudah mampu membawa Jabar ke arah yang lebih baik. Kami tinggal melanjutkan," kata Syaikhu. 

Baca juga: Debat Pilgub Jabar, Sudrajat dan Ridwan Kamil Adu Argumen Masalah Perempuan

Sebelum mengunjungi pasar modern berbasis pesantren di Ponpes Idrisiyah, mereka bersilaturahim di rumah pengurus dan pimpinan ponpes. 

Kompas TV Simak dalam video berikut.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com