Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY Blusukan di Jawa Barat, Ini Misi Utamanya

Kompas.com - 17/03/2018, 14:42 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) gencar "blusukan" di Jawa Barat.

Sejauh ini, Agus telah berkunjung ke Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, serta Kota Bandung.

Pada Sabtu (17/3/2018) pagi, putra sulung Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono itu berkunjung ke Pasar Antri Cimahi lalu berdialog dengan warga dan kader Partai Demokrat di Pendopo DPRD Kota Cimahi.

Lantas, apa misi Agus berkeliling Jawa Barat?

"Saya ingin semakin dekat dengan masyarakat. Saya punya hak untuk bisa memahami kompleksitas permasahalan negeri ini dari Sabang sampai Merauke, dan tentu saya lebih banyak mendengar, mencatat aspirasi mereka," tutur Agus seusai acara.

Agus pun menyebut, belanja masalah yang ia lakukan di Jabar merupakan bentuk persiapannya. Namun, Agus tak menjelaskan lebih lanjut soal tujuan utamanya.

"(Berkeliling di Jabar) akan memperkaya diri tentang Indonesia. Saya ingin mempersiapkan diri sebaik-baiknya sekaligus memberikan respons tanggapan dan mungkin menawarkan solusi," ungkapnya.

Baca juga : Kisah AHY di Karawang, dari Nasi Uduk hingga Bertemu Annisa Pohan

Agus berkata, banyak aspirasi masyarakat yang ia terima selama singgah di beberapa daerah. Di Cimahi, kata Agus, ia mendapat keluhan dari warga soal UMKM, lapangan kerja, kesejahteraan atlet, dan perempuan, hingga persoalan guru honorer.

"Tadi di Kota Cimahi kita dengar bersama kelompok seniman agar budaya kearifan lokal bisa dijaga. Atlet ingin olahraga semakin maju, UMKM ingin bisa dikembangkan, akses permodalan tentunya jadi perhatian. Guru honorer ingin lebih layak lagi kehidupannya," tutur Agus.

Kepentingan partai

Selain belanja masalah, Agus tak menampik bahwa kedatangannya di beberapa daerah di Jabar sebagai bentuk monitoring kesiapan kader partainya selama pilkada serentak berlangsung.

"Saya sebagai Kogasma punya kepentingan, selain menyapa masyarakat juga bersama para kader di lapangan untuk mengkonsolidasikan agar kita semua siap dalam perjuangan yang tidak ringan. Kita tahun 2018 ajang Pilkada erentak. (Tahun) 2019 kita harus semakin mensinergikan memenangkan Pemilu 2019 mendatang," ujar Agus.

Baca juga : AHY Sebut Keluhan Buruh di Karawang Logis

Agus berharap, banyak kader Partai Demokrat yang bisa memenangkan Pilkada. Secara umum, sambung Agus, banyak kader partainya yang punya kans besar memenangkan Pilkada di daerah.

"Kami ingin banyak Pilkada kami menangkan. Banyak inti kader Demokrat punya kans besar. Popularitas dan elektabliktas meningkat. Kami punya optimisme meraih sukses di berbagai wilayah, terutama wilayah penting seperti Jabar, Jatim dan lainnya. Itu akan jadi modal yang baik untuk masuk babak berikutnya, Pemilu 2019," jelasnya.

Kompas TV Menurut AHY, Partai Demokrat siap berkoalisi dengan partai politik mana pun untuk memajukan Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com