Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Warga China Tewas Tenggelam di Kolam Renang Hotel di Sukabumi

Kompas.com - 16/03/2018, 13:20 WIB
Budiyanto ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Seorang warga negara China, Liu Yu (30) dikabarkan tewas setelah tenggelam di kolam renang Hotel Inna Samudra Beach, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (15/3/2018) malam.

Korban bersama 3 orang temannya itu tiba di hotel yang berlokasi di pesisir pantai selatan di Jalan Raya Palabuhanratu, Cisolok, Kecamatan Cikakak, Kamis, sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka menginap dan telah menempati dua kamar di hotel tersebut.

Kepala Polsek Cikakak, AKP Joko Sudiro membenarkan, seorang warga China tenggelam di kolam renang hotel dan akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palabuhanratu.

"Korban saat tiba di rumah sakit Palabuhanratu sudah meninggal dunia. Sebelumnya sempat dibawa ke Puskesmas Cikakak," kata Joko kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Jumat.

Baca juga : Dikejar Sekuriti, Dua Pria di Batam Lompat ke Bendungan dan Satu Tenggelam

Menurut Joko, tenggelamnya korban diketahui oleh salah seorang tamu hotel di sekitar kolam renang. Saksi langsung berteriak. Sejumlah karyawan dan tamu hotel lainnya langsung menuju sumber teriakan di dekat kolam renang.

"Mereka melihat ada pria tenggelam di kolam berkedalaman sekitar tiga meter. Di antara mereka langsung berupaya menyelamatkan dan mengangkat ke darat," ujar dia.

"Saat diangkat kondisinya sudah lemas, dang langsung dievakuasi ke Puskesmas Cikakak," sambungnya.

Akhirnya, lanjut Joko, korban dirujuk ke RSUD Palabuhanratu. Namun saat diperiksa, dokter jaga menyatakan korban sudah meninggal dunia.

"Dugaan sementara korban terpeleset ke dalam kolam renang, dan tenggelam lalu korban kehabisan napas. Menurut keterangan rekan korban bahwa korban memang tidak bisa berenang," jelas Joko.

Joko menambahkan, hasil penyelidikan sementara korban datang ke ISB bersama tiga orang, Kamis sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka adalah teman korban yang juga warga China, Lei Da, seorang penerjemah bahasa asing Armilan Soul Colondam serta sopir Ricky Frans Hutauruk.

"Mereka memesan dua unit kamar yang berada di lantai lima. Pada sekitar pukul 18.15 WIB, korban keluar dari kamar sendirian dan menuju kolam renang yang terletak di lantai dasar atau di sebelah pantai," pungkasnya.

Baca juga : 8 Kapal Nelayan Tenggelam di Kawasan Reklamasi Pantai Losari

Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan resmi dari pihak manajemen Hotel Inna Samudra Beach. Kompas.com sedang berusaha untuk mengonfirmasi kejadian tersebut.

Kompas TV Penemuan terjadi saat pencarian hari pertama korban nelayan tenggelam yang dilakukan oleh tim gabungan SAR bersama keluarga korban.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com