Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: Arumi Bachsin Tak Signifikan Dongkrak Suara Khofifah-Emil

Kompas.com - 15/03/2018, 19:41 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Figur artis peran Arumi Bachsin diprediksi tidak signifikan mendongkrak suara bagi pasangan cagub-cawagub Jatim Khofifah Indar Parawansah-Emil Elistyanto Dardak di Pilkada Jatim 2018.

Arumi Bachsin diketahui kerap mengawal Emil Dardak suaminya, dan Khofifah saat berkampanye di berbagai tempat.

"Emil dan Arumi dipasang untuk menggaet pemilih milenial, namun dari hasil survei belum signifikan. Ternyata Arumi belum 'ngefek'," kata pengamat politik Universitas Airlangga, Novri Susan, Kamis (15/3/2018).

Hasil survei Polmark Indonesia menyebut, generasi milenial Jatim ternyata lebih memilih pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno daripada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Responden pemilih usia 17-21 tahun, suara ke Gus Ipul-Puti 44,2 persen, sedangkan ke Khofifah-Emil 30,8 persen. Adapun untuk pemilih usia 22-30 tahun, Gus Ipul-Puti menggaet 47,2 persen, sementara Khofifah-Emil sebesar 25,5 persen. Adapun sisanya belum menentukan pilihan.

Baca juga : Saat Khofifah Didampingi Arumi Bachsin di Trenggalek

Kata Novri, hasil survei itu menunjukkan bahwa generasi milenial ternyata tidak memilih berdasarkan kedekatan usia.

"Mereka tidak memilih berdasar usia kandidat yang paling muda, kan terlihat meski Emil termuda, justru suara milenial ke Gus Ipul-Puti," ujarnya.

Novri menduga, citra sosial kandidat ternyata tidak terlalu memengaruhi generasi milenial.

"Anak muda sekarang lebih kritis, mereka agresif mencari ide program pro-generasi milenial serta mengeksekusi komunikasi atau pemasaran ide tersebut," ucapnya.

Baca juga : Khofifah-Emil Dardak Daftar ke KPU, Arumi Bachsin Curi Perhatian

Menurut Novri, yang tidak kalah penting dalam penggarapan isu milenial adalah kerja politik yang terstruktur ke basis anak muda. Dalam konteks ini, kandidat harus didukung jaringan politik yang kuat.

 

Kompas TV Berdasarkan survei Litbang Kompas Khofifah - Emil kalah tipis dalam perebutan suara di kalangan Nadlatul Ulama.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com