Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Pengaman Sepeda Motor Ciptaan Siswa SMK Ini Bisa Bingungkan Pencuri

Kompas.com - 15/03/2018, 07:22 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Aksi kejahatan pencurian sepeda motor masih marak terjadi. Sejumlah produk pengaman sepeda motor banyak terjual di pasaran, tetapi sistem ini masih belum bisa menghentikan pencurian sepeda motor di tengah masyarakat.

Berangkat dari keresahan ini, dua siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan, Tengaran, Kabupaten Semarang, yaitu Anjas Kumala (17) dan Andre Kristanto (17), membuat alat bernama Starter Montor Pinter.

Pengaman sepeda motor berbasis smartphone ini diklaim bisa membuat si pencuri kebingungan.

"Memanfaatkan pengaplikasian Arduino Bluetooth, alat ini bisa menyalakan dan mematikan (sepeda motor) dari jarak jauh. Jadi kontrolnya di smartphone," kata Anjas di sela Telsa Expo 2018 yang digelar di halaman sekolah tersebut, Rabu (14/3/2018) siang.

Baca juga: Hasilnya untuk Senang-senang, Tiga Remaja di Batam Lakukan Curanmor

Anjas yang saat ini tercatat sebagai siswa kelas III Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini menjelaskan, selain bisa mengontrol sepeda motor dari jarak jauh, alat ciptaannya ini juga bisa mematikan kelistrikan motor dari dalam secara otomatis. Artinya, sepeda motor tidak akan bisa menyala meski kunci telah dinyalakan.

"Kalau misalnya dicuri tidak bakal bisa nyala karena kontrol penuh di smartphone. Jadi insya Allah aman," imbuh Anjas.

Benar saja, saat dilakukan simulasi alat tersebut. Sepeda motor yang awalnya sudah berjalan kemudian mati seketika setelah Anjas menekan tanda tertentu di layar smartphone-nya. Saat akan kembali dinyalakan, sepeda motor tetap tidak bisa menyala.

Rekan Anjas, Andre Kristianto, mengatakan, biaya untuk membuat alat ini hanya sekitar Rp 200.000. Meski baru sebatas purwarupa, tetapi Starter Montor Pinter ciptaannya ini sudah banyak yang memesan.

"Teman-teman sudah banyak yang inden," kata Andre.

Baca juga: Curi Motor Temannya Sendiri, Pelajar Pelaku Curanmor Ditangkap Polisi

Kepala Sekolah SMK Telekomunikasi Tunas Harapan, Wisnu Handoko mengatakan, Starter Motor Pinter tersebut adalah salah satu dari berbagai temuan inovasi berbasis komputer jaringan dan multimedia yang dipamerkan di Telsa Expo 2018.

Proyek inovasi yang diciptakan para siswa ini merupakan salah satu program belajar di sekolah. Selain mengasah keterampilan siswa, program tersebut bertujuan memberi ruang siswa untuk berkreasi di bidangnya.

"Karya anak-anak ini sangat dibutuhkan masyarakat, nantinya kami bimbing untuk menyempurnakan produk tersebut sehingga bisa diproduksi massal," kata Wisnu Handoko.

Ia menjelaskan, dalam pameran kali ini ada 14 produk unggulan siswa yang dipamerkan. Sekolah memberikan kebebasan siswa untuk memilih serta memberikan fasilitas komponen dan bahan produk.

"Harapannya akan muncul inovasi-inovasi yang tidak terduga dari para siswa," tuturnya.

Baca juga: Libatkan Lima Anak, Sindikat Curanmor di Ambon Diringkus Polisi

Kompas TV Kepolisian Resor Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, membentuk tim khusus yang diberi nama Tim Nuri untuk mengantisipasi tindak kejahatan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com