Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Akan Jelaskan Program Unggulan di Debat Pilkada

Kompas.com - 12/03/2018, 14:59 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menawarkan sejumlah program unggulan Kota Bandung dan Tasikmalaya untuk diimplementasikan di Jawa Barat dalam acara debat publik Senin (12/3/2018) malam nanti.

Sejumlah program unggulan itu antara lain, program kesehatan Layad Rawat, Kredit Melati (melawan rentenir) dan kredit berbasis masjid.

"Kami sudah mengurusi rakyat satu di Bandung dua di Tasik. Yang positif tentulah kita akan bawa. Contoh layad rawat akan jadi program unggulan pasangan Rindu agar warga tidak mampu mendapat perawatan dokter yang ke rumah dengan sebuah sistem. Itu kan positif, diapresiasi, kita ada kredit masjid, kredit melati, saya blusukan juga antusias," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Selain program unggulan di Bandung, Emil pun turut menawarkan inovasi karya Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.

"Jadi setengah visi misi kami adalah yang positif di Bandung dan Tasikmalaya akan kita bawa ke Jawa Barat," ujarnya.

Baca juga : Debat Pilkada Jabar 2018, Ridwan Kamil Sebut Seperti Ujian

Emil mengatakan, debat tersebut cukup menantang dengan beragam tema yang disusun oleh 18 guru besar dari berbagai universitas di Jawa Barat.

"Topik hari ini tentang tiga hal, satu pemerintahan, politik, dan ekonomi. Mungkin tentang ke-Pancasila-an saya duga, tentang relasi hubungan pemerintah pusat, provinsi, dan lokal, ekonomi-ekonomi. Mudah-mudahan bisa menjawab dengan baik," kata dia.

Baca juga : Begini Persiapan Ridwan Kamil Jelang Debat Pilkada Jabar 2018

Meski begitu, ia berupaya untuk tenang dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan moderator.

"Kita mah santai saja, saya tak pernah menganggap debat ini menegangkan, kita bikin rileks, kita ngobrol. Karena semakin tegang biasanya semakin gak maksimal. Jadi kita bikin rileks semaksimal mungkin," jelasnya.

Kompas TV Calon Gubenur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil, menyapa warga dan para pedagang di Pasar Tumpah Setu Kalong, Cimanggis, Depok.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com