Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Pengamat soal Pentingnya Debat Pilkada Jabar 2018

Kompas.com - 12/03/2018, 14:26 WIB
Dendi Ramdhani,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Debat perdana Pilkada Jawa Barat 2018 akan digelar pada Senin (12/3/2018) malam di Gedung Sasana Budaya Ganseha (Sabuga), Bandung. Seberapa pentingkah acara debat bagi masyarakat?

Pengamat politik, hukum, dan tata negara Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf, menjelaskan, debat merupakan medium bagi para calon untuk adu gagasan dengan cara ilmiah.

"Kita ingin debat ini mengubah pendekatan, mengubah cara memilih. Pendekatannya tidak ke SARA, subyektif, serta tidak menimbulkan kegaduhan dan ketidaksenangan dari semua pihak," ucap Asep saat dihubungi via telepon seluler, Senin (12/3/2018).

Sebab itu, dalam debat malam nanti, Asep berharap para kontestan dapat fokus memaparkan program dan solusi ketimbang saling serang.

Baca juga: Saksikan Debat Publik Perdana Pilkada Jawa Barat di KompasTV, Senin Malam Ini

"Enggak perlu saling serang, iyalah, karena kebetulan calonnya orang Jabar semua nih. Yang ingin kita eksplor bagaimana mereka punya kemauan, rencana membangun Jabar ke depan agar lebih baik dari yang sekarang," ujarnya.

"Karena itu, kita pastikan pilkada itu berbasis substansi visi, misi, dan program, serta komitmen mereka membangun Jabar ke depan. Ketimbang mempersoalkan keterkenalan, tua atau muda, kita sedikit kebelakangkanlah. Tapi, bagaimana dia punya kapasitas kemampuan memahami dan memberi solusi bagi Jabar ke depan. Itu cerminan dari debat ini," jelas Asep.

Debat publik, sambung dia, juga penting bagi masyarakat untuk melihat gagasan serta janji politik calonnya bagi masyarakat.

"Pemilih juga catat apa yang dikatakannya, nanti tagih kalau dia lalai dan abai terhadap janjinya. Jangan hanya nonton melongo, jadi harus catat betul agar calon juga hati-hati dalam mengeluarkan pendapatnya," tutur Asep.

Baca juga: Debat Pilkada Jabar, KPU Sebar 2.000 Undangan dan Libatkan 18 Pakar

Kompas TV KPU Jawa Barat resmi mengandeng KompasTV untuk bekerjasama dalam penyelenggaraan debat Cagub dan Cawagub Jabar 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com