Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi CFD Dago, Sudrajat Janji Tambah Rumah Sakit Rujukan Tingkat Provinsi

Kompas.com - 11/03/2018, 21:08 WIB
Putra Prima Perdana,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon gubernur Jawa Barat nomor urut 3 Sudrajat menyambangi car free day, Jalan Dago, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/3/2018).

Pada kesempatan tersebut, Sudrajat mengajak warga menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan rajin berolahraga.

Untuk memacu minat masyarakat berolahraga, pasangan calon wakil gubernur Jawa Barat Ahmad Syaiku itu memperkenalkan senam "Asyik" yang merupakan singkatan Ajat (Sudrajat)- Syaikhu (Ahmad Syaikhu) kepada pengunjung CFD Dago.

Baca juga: Sudrajat Ingin Bikin Padepokan Silat Mirip Perguruan Shaolin

"Ini (senam Asyik) jadi salah satu sarana membina kesehatan masyarakat, senam Asyik untuk semua," kata Sudrajat seusai senam.

Ia mengatakan, pemerintah harus berperan aktif membina kesehatan warga. Dengan demikian, produktivitas warga bisa meningkat dan berujung pada kesejahteraan yang lebih baik.

Di CFD, lanjutnya, warga bisa saling berinteraksi dan berolahraga, bahkan sebagian lainnya bisa mengais rezeki dengan berjualan makanan dan minuman.

Baca juga: Sudrajat Janji Tingkatkan Kesejahteraan Petani Jabar dengan Industri Tani

Selain itu, pemerintah juga harus mampu menghadirkan fasilitas kesehatan yang memadai untuk warga, salah satunya rumah sakit.

Menurut dia, keberadaan rumah sakit yang memadai sangat penting untuk 47 juta jiwa penduduk Jawa Barat.

Oleh karena itu, Sudrajat berencana menambah rumah sakit rujukan tingkat provinsi jika terpilih menjadi gubernur Jawa Barat. 

Baca juga: Sudrajat: Saya Juga Mengikuti MCA, tetapi...

Rumah sakit ini untuk membantu Rumah Sakit Hasan Sadikin dan Rumah Sakit Al Ihsan yang sudah tidak lagi mampu menampung pasien kurang mampu di Jawa Barat. 

"Minimal harus ada 3 lagi (rumah sakit), ke depan kami akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. Terlebih potensi dokter dan tenaga medis di Jawa Barat juga cukup besar," kata Sudrajat. 

Ia mengatakan, jumlah penduduk Jawa Barat tidak sebanding dengan minimnya jumlah rumah sakit. Kehadiran rumah sakit rujukan baru di tingkat provinsi harus menjadi perhatian khusus.

Baca juga: Sudrajat: Nomor 3 Sebuah Anugerah untuk Mencapai Kemenangan

"Bayangkan saja di Jabar dengan 47 juta penduduk, rumah sakit rujukannya hanya satu. Dibandingkan Jateng dan Jatim, di sana ada 3 rumah sakit tingkat provinsi, saya kira itu harus jadi program pemerintah," ujarnya. 

Kompas TV Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Sudrajat, menemui relawan dari beberapa wilayah pemenangan di Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com