Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Kembali Melanda Kota Pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta

Kompas.com - 11/03/2018, 10:40 WIB
Heru Dahnur ,
Dian Maharani

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Kota Muntok, Bangka Barat, Kepulauam Bangka Belitung kembali terendam banjir sejak Sabtu (10/3/2018) hingga Minggu (11/3/2018).

Kota yang pernah menjadi lokasi pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta itu terendam dengan kedalaman 30 sampai 40 sentimeter.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkal Pinang, Kurniaji mengatakan, beberapa daerah di Bangka Barat telah diprediksi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Analisis cuaca juga menyebutkan hujan terjadi disertai angin kencang dan petir.

"Sesuai prediksi yang kami kirim sebelumnya memang (dampak banjir) sesuai," kata Kurniaji.

Baca juga : Banjir Setinggi Satu Meter Terjang Kota Muntok Bangka Barat

Informasi yang dirangkum Kompas.com, banjir berasal dari luapan sungai yang membelah Kota Muntok. Pusat ibadah seperti masjid dan vihara terendam banjir. Kawasan pertokoan juga terendam sehingga transaksi perdagangan dihentikan sementara.

Banjir di daerah ini dilaporkan berulang setiap tahunnya, selain topografi berbentuk cekungan juga sistem drainase yang kurang memadai.

Baca juga : Salah Prediksi, Banjir di Kota Muntok Lebih Besar Dibanding Tahun Sebelumnya

Kompas TV Banjir akibat luapan Citarum kembali merendam ribuan rumah yang berada di 3 kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com