Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kostrad Investigasi Kecelakaan Kendaraan Tempur yang Ditumpangi Murid TK

Kompas.com - 11/03/2018, 08:27 WIB
Abba Gabrillin,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komando Strategi TNI Angkatan Darat (Konstrad) akan melakukan investigasi mengenai kecelakaan kendaraan tempur yang sedang membawa murid taman kanak-kanak dan siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah.

"Kostrad dalam hal ini menyatakan bertanggung jawab untuk mengusut tuntas dengan mengeluarkan tim investigasi agar kejadian seperti ini tidak terulang," ujar Kepala Penerangan Kostrad Letkol Inf Putra Widyawinaya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (11/3/2018).

(Baca juga : Tank Bawa Siswa PAUD Tenggelam di Sungai Bogowonto, Begini Kronologinya)

Menurut Putra, pada Sabtu (10/3/2018), tengah dilaksanakan kegiatan outbond kepada anak-anak TK dan PAUD di sekitar Purworejo.

Kegiatan bertempat di Markas Yonif Mekanis Raider 412/6/2 Kostrad, dengan salah satu kegiatan berkeliling asrama menggunakan kendaraan tempur.

Namun, pada pukul 10.00, saat dilakukan pengenalan lingkungan sekitar asrama, terjadi kecelakaan yang tidak diperkirakan saat kendaraan melintasi sungai yang berpasir.

"Akibat kondisi dasar sungai yang tidak kokoh sehingga kendaraan tempur miring, amblas dan terperosok sehingga menyebabkan sebagian penumpang jatuh, hanyut terbawa derasnya aliran sungai," kata Putra.

(Baca juga : Tank Masuk Sungai, Pratu Randi Tewas Terseret karena Kelelahan usai Selamatkan Anak-anak TK)

Dalam peristiwa itu, dua orang meninggal dunia, yakni Pratu Randi Suryadi dan Iswandari yang merupakan Kepala Sekolah PAUD Ananda.

Pratu Randi meninggal karena kelelahan setelah berjuang menyelamatkan siswa-siswi TK di dalam tank. Ia terbawa arus sungai.

Ny Iswandari juga meninggal karena terbawa arus.

"Kostrad menyatakan turut Berbela sungkawa kepada pihak keluarga dari korban maupun masyarakat terkait dengan peristiwa kecelakaan," kata Putra.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com