Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tank Bawa Siswa PAUD Tenggelam di Sungai Bogowonto, Begini Kronologinya

Kompas.com - 10/03/2018, 18:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu unit tank M113 milik TNI AD tenggelam di Sungai Bogowonto, Purworejo, Sabtu (10/3/2018). Kendaraan tempur tersebut menangkut siswa PAUD dalam rangka outbond.

Mengutip Tribunnews.com, Sabtu (10/3/2018), kejadian berawal pada pukul 08.00 WIB, saat PAUD dan TK Sindurjan Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, melaksanakan outbond di Yonif 412/BES.

Para siswa melaksanakan simulasi naik helikopter bersama siswa-siswi TK Masitoh, TK Siwi, PAUD Lestari dan PAUD Handayani.

Baca juga: Tank Masuk Sungai, Pratu Randi Tewas Terseret karena Kelelahan usai Selamatkan Anak-anakTK

Setelah selasai diajak turun ke lapangan HR mengikuti kegiatan di lapangan HR yonif 412. Oleh personil Yonif 412, siswa-siswi di perkenalkan lintasan HR sampai di jembatan timbang selesai.

Setelah itu, para siswa diajak ke garasi tank dan dikenalkan tank M113. Kendaraan ini sebenarnya bukan tank, tapi kendaraan pengangkut personel yang kerap dikenal dengan APC (armoured personnel carrier) atau ranpur (kendaraan tempur). 

Mereka kemudian diajak naik kendaraan tempur itu ke Sungai Bogowonto dengan menggunakan tiga unit tank, di mana satu tank dinaiki sekitar 20 penumpang siswa TK dan PAUD).

Putaran pertama, tiga tank berjalan mulus. Namun saat putaran kedua, satu tank kena musibah, tergelincir dan tenggelam sedangkan dua tank lainnya selamat.

Tank yang tergelincir tersebut tengelam. Adapun penumpang terdiri dari 5 personel TNI, dan 17 penumpang ( 16 anak, 1 guru ).

Setelah melihat tank tenggelam beberapa personel 412 yang sedang melaksanakan kegiatan di lap HR langsung menolong.

Satu personel TNI atas nama Pratu Randi Suryadi dan kepala PAUD yang mendampingi siswa Iswandari meninggal dunia.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kronologis Tank Tenggelam di Sungai Bogowonto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com