Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ajak Demokrat Ikut Sukseskan Agenda Pemerintahannya

Kompas.com - 10/03/2018, 16:01 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengajak Partai Demokrat bersama-sama menjalankan sejumlah agenda pemerintahannya.

Hal itu diungkapkan Kepala Negara saat menghadiri Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat 2018 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3/2018).

"Saya ingin mengajak keluarga besar Partai Demokrat, bersama-sama kita jalankan agenda bersama tersebut," ujar Jokowi.

Agenda bersama yang dimaksud meliputi membangun kedewasaan berpolitik.

"Kita harus terus bangun kedewasaan berpolitik. Etika berpolitik, tata krama dalam berpolitik dan juga keadaban dalam berpolitik," ujar Jokowi.

Baca juga : Cerita Jokowi Ribet Pilih Baju dari Subuh untuk ke Rapimnas Demokrat

Salah satunya, yakni dalam momentum tahun politik ini. Jokowi mengajak seluruh pihak untuk menjunjung etika politik. Bentuknya saling menghargai dan menghormati antarkontestan, tidak saling mencela atau mencemooh atau menjelek-jelekkan.

"Saling adu ide, program, gagasan. Berbeda pendapat itu biasa. Tapi harus saling junjung tinggi adab ketimuran kita serta sopan santun," ujar Jokowi.

Kedua, mengupayakan demokrasi yang menyejahterakan dan memakmurkan rakyat. Caranya, yakni meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan mendukung inovasi serta efisiensi.

Baca juga : Pakai Jas Biru, Jokowi Hadiri Rapimnas Demokrat

Arahnya, tentu saja meningkatkan pemerataan ekonomi, mengentaskan kemiskinan, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan memenangkan kompetisi global.

"Intinya, demokrasi harus melahirkan watak keberpihakan pada rakyat," lanjut Jokowi.

Kompas TV Demokrat menggelar Rapimnas yang membahas strategi dan upaya pemenangan Pilkada 2018, pemilu legislatif hingga pemilu presiden 2019.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com