Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Pelempar Rokok ke Orangutan di Kebun Binatang Bandung

Kompas.com - 09/03/2018, 23:18 WIB
Agie Permadi,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pengunjung Kebun Binatang Bandung yang terekam melempar rokok ke kandang orangutan akhirnya menyerahkan diri ke Mapolrestabes Bandung. Pria tersebut berinisial DJ (27). 

Di Aula Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (9/3/2018) siang, DJ tampak mengenakan baju hitam yang sama dengan baju yang dikenakannya saat berada di Kebun Binatang Bandung dan terekam kamera warganet saat tengah melempar puntung rokok ke kandang primata orangutan tersebut.

Kepada awak media, pria berkacamata ini mengaku menyesal dan tidak mengetahui bahwa perbuatannya itu melanggar etika dan hukum.

Bahkan dirinya sempat meminta maaf kepada masyarakat Indonesia, khususnya warga Bandung serta manajemen Kebun Binatang Bandung, atas perbuatannya tersebut. 

Baca juga: Pelempar Rokok ke Orangutan di Kebun Binatang Bandung Serahkan Diri ke Polisi

Saat mengetahui adanya video viral yang memuat perbuatannya melempar rokok ke kandang orangutan serta pemberitaan di media, DJ langsung mendatangi Kebun Binatang Bandung dan menyerahkan diri ke Mapolrestabes Bandung.

"Maksud dan tujuan saya meminta maaf sebesarnya ke manajemen Kebun Binatang dan seluruh rakyat Indonesia, khususnya warga Kota Bandung dan pencinta hewan seluruh Indonesia atas perbuatan saya. Saya minta maaf sebesar-besarnya," kata pria yang bekerja sebagai penjual batagor (bakso tahu goreng) ini. 

DJ menjelaskan, saat itu dia bersama anak dan istrinya memanfaatkan waktu berlibur pada hari Minggu (4/3/2018) untuk berwisata ke Kebun Binatang Bandung.

"Saya baru ke sana lagi karena sedang liburan jualan dan anak juga libur sekolah. Apalagi anak saya selalu bilang pengin main ke Kebun Binatang Bandung," ucapnya.

Berawal dari kediamannya di wilayah Gempol Sari, Kota Cimahi, DJ bersama keluarga berangkat bersama sekitar pukul 08.30 WIB. Sesampainya di kebun binatang, mereka sempat berkeliling menikmati aneka satwa koleksi Kebun Binatang Bandung. 

"Sampai ke kandang orangutan itu sekitar pukul 12.00 WIB. Sebelum saya masuk (mendekati kandang orangutan) memang ada orang, dan pas saya masuk memang sudah tidak ada siapa-siapa. Saya juga melihat orangutan itu sedang merokok," tuturnya. 

Baca juga: Pelemparan Rokok ke Orangutan Dikhawatirkan Mengubah Kesehatan dan Perilakunya

Melihat tingkah orangutan yang sedang merokok itu, DJ pun memanggil anaknya yang masih berusia lima tahun.

"Karena kelihatan lucu, saya panggil anak saya, 'Dek, sini orangutannya lucu sedang merokok," ujar DJ menirukan ucapannya saat itu. 

Anak DJ pun tertarik dengan tingkah laku primata asal Kalimantan tersebut. Saat pria berambut pendek ini melihat tingkah laku Ozon (nama orangutan), DJ mengaku bertemu seseorang yang membawa kamera menanyakan fenomena tersebut.

"Setelah itu datang ada yang bawa kamera, dia juga tanya ke saya, 'Mas itu (orangutan) memang sedang merokok?'. Itu sebelum saya ngasih (rokok) ya. Itu lalu difoto-foto sampai rokoknya habis, lalu orangutan itu diam lagi ke tempatnya," kata DJ.

Sekitar 15 menit, DJ dan anaknya menyaksikan perilaku orangutan tersebut. Tak lama orangutan itu kemudian mendekati DJ dari dalam kandangnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com