Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelemparan Rokok ke Orangutan Dikhawatirkan Mengubah Kesehatan dan Perilakunya

Kompas.com - 09/03/2018, 17:33 WIB
Agie Permadi,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Kepala Kesehatan dan Penelitian Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, Dedi Trisasongko mengkhawatirkan adanya perubahan pola tingkah laku dan bahaya kesehatan orangutan bernama Ozon jika pelemparan puntung rokok oleh pengunjung ini dilakukan berulang dan diisap oleh orangutan spesies Kalimantan tersebut.

"Yang kami khawatirkan adanya perubahan perilaku orangutan tersebut jika hal itu (pelemparan rokok oleh pengunjung) terulang terus. Bahayanya terhadap perilaku dan kondisi orangutannya dari bagian kesehatan," ujar Dedi di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (9/3/2018). 

Meski demikian, pihaknya menyebutkan, sejak Ozon datang ke Kebun Binatang Bandung pada tahun 2003, perilaku mengisap rokok yang dilakukannya baru pertama kali ini.

"Ini baru pertama," ujar Dedi.

Baca juga: Pelempar Rokok ke Orangutan di Kebun Binatang Bandung Serahkan Diri ke Polisi

Bahkan, setelah ada pelemparan rokok terhadap orangutan yang kini berusia 23 tahun itu, pihak kesehatan Kebun Binatang Bandung langsung memeriksanya secara langsung, baik dari perilaku maupun respirasinya.

"Hasilnya tidak ada luka, baik dari api rokok dan lainnya. Tidak ada sesak napas atau batuk. Perilaku makan normal dan aktivitas normal," ujarnya.

Dedi menjelaskan, 97 persen genetika DNA orangutan mirip dengan manusia. Artinya, ketika orangutan mengisap rokok, maka efeknya akan berimbas pada kesehatan orangutan itu.

"Efeknya akan sama seperti halnya dengan kesehatan manusia," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, video yang memperlihatkan seekor orangutan tengah mengisap rokok di Kebun Binatang Bandung beredar media sosial. Video itu pertama kali diunggah oleh pemerhati satwa, Marison Guciano, lewat akun media sosial Facebook pribadinya.

Video berdurasi 59 detik itu memperlihatkan sejumlah pengunjung sedang melihat seekor orangutan. Tiba-tiba seorang pengunjung melempar rokok yang diisapnya secara sengaja ke orangutan. Sejurus kemudian, orangutan itu memungut lalu mengisap rokok tersebut layaknya manusia.

Baca juga: Pengelola Kebun Binatang Sebar Foto Pelempar Rokok pada Orangutan

Menanggapi hal tersebut, pengelola Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) telah melaporkan pengunjung yang diduga melemparkan rokok kepada satwa orangutan bernama Ozon.

Pelaku kemudian datang menyerahkan diri ke polisi. Atas perbuatannya, pengunjung yang diketahui berinisial DJ ini disangkakan Pasal 302 Ayat 1 huruf a KUHP tentang Penganiayaan terhadap Hewan dengan ancaman hukuman penjara selama tiga bulan atau denda sebanyak Rp 4.500.

Kompas TV Pihak pengelola kebun binatang memastikan akan memperketat pengawasan terhadap satwa dan para pengunjung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com