Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Sungai Jebol, Arcamanik di Kota Bandung Tergenang

Kompas.com - 09/03/2018, 11:58 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Hujan lebat yang mengguyur Kota Bandung pada Kamis (8/3/2018) membuat tanggul di Kali Cironggeng jebol.

Akibatnya, luapan sungai menggenang area permukiman warga di Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung.

Hingga Jumat (9/3/2018) siang, air masih menggenang area pemukiman warga setinggi lutut orang dewasa. Warga pun terpantau masih membersihkan lumpur dan sampah sisa banjir semalam.

Farida (36), warga sekitar mengatakan, daerah tersebut memang kerap tergenang saat hujan lebat. Namun, luapan air biasanya cepat surut. Menurut dia, banjir pada Kamis malam tergolong besar lantaran adanya tanggul sungai yang jebol.

"Biasanya sih enggak menggenang kayak gini tapi cepet surut. Ini karena ada tanggul yang jebol jadi kayak gini. Biasanya cepet surut," ujar Farida.

Baca juga : Terseret Banjir Saat Ambil Kayu di Sungai, Bernadus Ditemukan Tewas

Lurah Cisaranten Endah Jajang Kurnia mengatakan, jebolnya tanggul Kali Cironggeng membuat hampir seluruh area pemukiman di RW 04 tergenang.

"Ini juga merendam rumah di RW 04, kemarin malam tingginya itu sampai sepinggang sekarang sudah mulai surut," ucapnya.

Jajang mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Sementara waktu, tanggul ditutupi karung berisi tanah untuk menahan luapan air.

"Penanganan kita lakukan. Tanggul kita tutupi pakai karung. Terus kita juga sudah koordinasi dan Dinas Pekerjaan Umum mau meluncur ke sini," ungkapnya.

Baca juga : Hujan Deras di Gunung Kidul, Pohon Bertumbangan, Motor Hanyut Terbawa Banjir

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Tedi Setiadi mengatakan, pihaknya telah mengirimkan tim untuk memperbaiki tanggul jebol.

"Kita bagi tugas, tim sedang di sana. Tanggulnya kan harus diperbaiki juga dan kita akan segera diperbaiki. Dan, kami sedang memperbaiki tanggul yang rusak lain kurang lebih di catatan saya ada 10 titik," jelasnya.

Kompas TV Ganjar sempat nge-vlog dengan warga.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com