Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo: Semua Wilayah Tertinggal Akan Terhubung Internet pada 2019

Kompas.com - 08/03/2018, 21:27 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan, semua wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia sudah terhubung dengan jaringan internet pada tahun 2019.

Dia mengatakan, saat ini wilayah 3T yang paling banyak belum terkoneksi jaringan internet berada di wilayah Indonesia bagian timur. Di Maluku ada tiga wilayah, yakni di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, dan Maluku Tenggara Barat.

"Tahun 2019, semua kabupaten/kota di Indonesia sudah terhubung dengan jaringan tulang punggung back bone, internet berkecepatan tinggi," kata Rudiantara seusai menghadiri Konferensi Musik Indonesia Tahun 2018 di Taman Budaya Karang Panjang, Ambon, Kamis (8/3/2018).

Baca juga: Menkominfo Sebut Ada Permintaan Sinyal Internet Dimatikan Saat Nyepi di Bali

Dia menjelaskan, untuk mempercepat koneksi jaringan internet maupun telekomunikasi di wilayah terluar dan terdepan yang paling cepat adalah dengan menggunakan jaringan visat atau jaringan satelit.

“Pasalnya, saat ini jaringan internet yang menggunakan kabel fisik harus disediakan terlebih dahulu jaringannya, dan itu sangat membutuhkan waktu dan menyulitkan karena harus menggali tanah untuk pemasangan jaringan lebih dalam,” ungkap Rudiantara.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada 2.500 titik untuk jaringan satelit yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika di seluruh Indonesia, khususnya untuk daerah 3T. Menurut Rudiantara, keunggulan jaringan satelit, selain mudah juga langsung ada internet dan wifi.

"Terutama di sekolah, dan itu langsung pake wifi atau jaringan internet. Itu cara yang paling cepat. Atau menggunakan membangun BTS dari seluler. Itu yang paling cepat," sambungnya.

Baca juga: 2019, Kemenhub Fokus Bangun Konektivitas Daerah Tertinggal

Dalam pemaparannya, Rudiantara mengatakan, pemerintah membuat kebijakan untuk membangun infrastruktur di daerah 3T. Salah satunya adalah membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi.

"Kita bangun sampai Saumlaki, Pulau Aru, Papua - Papua Barat. Ada 30 kabupaten yang tidak tersentuh broadband (internet). Insya Allah akhir tahun sudah selesai konstruksinya. Tahun 2019 semua kabupaten/kota di Indonesia sudah memiliki jaringan internet berkecepatan tinggi.

Kompas TV Warga pun antusias berkunjung ke kafe literasi ini, karena menyediakan ratusan buku dengan beragam judul.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com