Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uu Ruzhanul: Kampung Boneka, Ekonomi Kerakyatan yang Butuh Bantuan Modal

Kompas.com - 04/03/2018, 20:39 WIB
Farida Farhan,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum atau Kang Uu menyebut "Kampung Boneka" di Cikampek, Karawang, merupakan salah satu wujud ekonomi kerakyatan yang membutuhkan bantuan modal.

Menurut Uu, Kampung Boneka yang ia kunjungi pada Sabtu (3/3/2018) itu membutuhkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tujuannya, untuk mengembangkan usaha tersebut agar lebih dikenal hingga daerah lain.

"Sehingga produk bonekanya dapat dikenal ke mancanegara," kata Uu kepada Kompas.com melalui telepon, Minggu (4/3/2018).

Bupati Tasikmalaya itu ingin industri kerajinan rumah seperti Kampung Boneka di Cikampek maju pesat. Oleh karena itu, ia berkunjung untuk melihat sendiri prosesnya.

(Baca juga: Selama Cuti Kampanye, Bupati Uu Ruzhanul Akan Kembali ke Pesantren)

Uu sempat berdiskusi dengan salah satu pedagang boneka, yang mengaku belum pernah mendapat bantuan modal.

Berangkat dari hal tersebut, ia berharap ke depan mereka mendapat bantuan modal dari Pemerintah Provinsi Jabar, terutama jika ia memenangkan Pilkada Jabar 2018 bersama pasangan calon gubernurnya, Ridwan Kamil.

"Agar para pengrajin dan pedagang boneka tidak kesulitan dalam permodalan, guna mengembangkan bisnisnya, juga lebih semangat," ujar Uu.

Kompas TV Bukan alih profesi, sang calon gubernur sedang mengikuti acara cukur massal gratis yang digagas Persaudaraan Pangkas Rambut Garut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com