Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Orang Diduga Keracunan Setelah Santap Hidangan Pesta Pernikahan

Kompas.com - 04/03/2018, 15:52 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Icha Rastika

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Belasan orang dibawa ke rumah sakit karena diduga keracunan makanan pada sebuah pesta pernikahan di Dusun Bumirejo, Desa Banjarsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Polres Magelang AKBP Hari Purnomo menyampaikan, kejadian itu bermula saat para korban menghadiri dan makan makanan dalam hajatan yang digelar warga setempat, Marsudi, Sabtu (3/2/2018) sore.

"Korban merupakan tamu undangan pernikahan anak Pak Marsudi, mereka datang lalu makan hidangan yang disediakan di sana, selang beberapa jam satu per satu tamu merasakan gejala seperti mual dan muntah," ujar Hari, Minggu (4/3/2018).

Baca juga : Diduga Keracunan Bakso, 12 Warga Sikka Dilarikan ke Klinik

Beberapa korban segera dibawa ke RSJ Prof Dr Soerojo Kota Magelang. Korban dengan gejala yang sama terus berdatangan ke rumah sakit tersebut hingga Sabtu (3/3/2018) malam.

Berdasarkan hasil pemeriksaan polisi, menurut dokter umum RS Prof Dr Soerojo, Intan Rizana, korban diduga keracunan makanan sehingga mengalami lemas, muntah sampai lebih dari 10 kali, dan diare.

Terkait peristiwa ini, polisi melakukan olah tempat kejadian perkara. Pada hajatan tersebut dihidangkan sejumlah jenis makanan, antara lain sate, bakso, prasmanan (nasi, sambel goreng krecek, oseng, soun trancam, kelem, sapi bistik, dan acar). Kemudian disajikan minuman ronde, dawet, dan aneka buah.

Selain itu, ada kudapan kecil seperti lemper, sosis, kue bangkok warna merah dan hijau. "Hasil pemeriksaan sementara, semua korban mengalami gejala keracunan akibat telah memakan kue bangkok," ujar Hari.

Baca juga : Keracunan Makanan Hajatan, 10 Orang Masuk Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Hendarto menyampaikan, semua sampel makanan sudah diamankan dan selanjutnya dilakukan uji laboratorium.

Tercatat , ada empat korban yang harus menjalani rawat inap dan 11 orang kondisinya membaik sehingga diperbolehkan rawat jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com