Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Tektonik Magnitudo 5,4 Guncang Banggai

Kompas.com - 04/03/2018, 11:34 WIB
Rosyid A Azhar ,
Dian Maharani

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com –  Gempa bumi mengguncang Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu (4/3/2018). Guncangan gempa dirasakan hingga ke Gorontalo.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofikas (BMKG), gempa yang terjadi pukul 11.10 Wita ini adalah gempa tektonik berkekuatan magnitudo 5,4.

“Pusat gempa berada pada koordinat episenter 0,64 LS dan 123,29 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 57 km arah timur laut Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada kedalaman 45 km,” kata M Riyadi, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami yang dirilis BMKG Gorontalo.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat menunjukkan guncangan dirasakan di daerah Luwuk, Gorontalo, Ampana, dan Buol.

Baca juga : Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Pulau Morotai

Dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan jenis dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar (patahan) lokal. Pada peta tataan tektonik, wilayah Kabupaten Banggai terdapat zona gempa bumi dengan struktur sesar.

Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas Sesar Oblique.

“Hingga pukul 11.40 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat di Kabupaten Banggai diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Riyadi.

Baca juga : Gempa Bumi, Mungkinkah Diprediksi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com