Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pendaki yang Tersesat di Gunung Salak Ditemukan Selamat

Kompas.com - 04/03/2018, 06:39 WIB
Budiyanto ,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan akhirnya menemukan dua pendaki asal Kota Bogor yang dikabarkan tersesat di kawasan Kawah Ratu, Gunung Salak, Jawa Barat, Sabtu (3/3/2018) malam.

Dimas Ramadhan (22) dan Mardiansyah, warga Kelurahan Batu Tulis, Kota Bogor, ditemukan tim SAR dalam kondisi selamat di dalam kawasan BalaiTaman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) sekitar pukul 22.00 WIB.

"Alhamdulillah kedua survivor (orang yang dicari tim SAR) sudah ditemukan dalam kondisi selamat," kata Kepala Resor Kawah Ratu, Balai TNGHS, Ugur Gursala melalui WhatsApp, Sabtu (3/3/2018) malam.

Menurut dia, kedua pendaki ini ditemukan tim SAR gabungan yang masuk dari wilayah Bogor. Saat ditemukan, keduanya sedang istirahat dengan kondisi tanpa lampu penerangan.

"Keduanya langsung dievakuasi ke Pasirreungit Bogor," tuturnya.

(Baca juga : Pendakian Gunung Salak Masih Ditutup, Dua Warga Dilaporkan Tersesat)

Koordinator Pos SAR Sukabumi-Basarnas Aulia Sholihanto mengatakan, kronologis pencarian dua pendaki di Gunung Salak ini berawal adanya informasi dari salah satu pendaki kepada temannya di Bogor sekitar pukul 14.00 WIB.

"Survivor memberi informasi ke temannya bahwa dia tersesat di sekitar kawah ratu," ungkap Aulia melalui WhatsApp.

Setelah meneima laporan, lanjut dia, melakukan koordinasi dengan tim SAR di wilayah Sukabumi dan Bogor. Akhirnya enam anggota tim SAR dari Bogor menyisir dari pintu masuk Gunung Bunder, Bogor.

(Baca juga : Diduga Hina Presiden di Facebook, Pelaku Ditangkap dan Dibawa ke Mabes Polri )

Sementara itu, tim SAR Sukabumi yang berjumlah 17 orang berangkat dari pintu masuk Resort Kawah Ratu, Cidahu sekitar pukul 17.30 WIB.

"Rencananya potensi SAR Bogor dan Sukabumi akan bertemu di Kawah Ratu dan mulai melakukan pencarian bersama-sama sesuai titik lokasi yang dilaporkan survivor. Dan akan evaluasi pukul 23.00 WIB," ujarnya.

Namun, sebelum waktu evaluasi, keduanya sudah ditemukan dalam kondisi selamat. Operasi SAR pun langsung ditutup.

 

Kompas TV Awan tersebar dan tertiup layaknya ombak di antara lembah pegunungan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com