Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas "Manfaatkan" Teman Sekolah untuk Tangkap Tahanan yang Kabur

Kompas.com - 03/03/2018, 08:28 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

TERNATE,KOMPAS.com - Idul Karim Hamid (19), tahanan kasus pencurian yang kabur dari Rutan Klas IIB Ternate, Maluku Utara pada Rabu (28/2/2018) akhirnya ditangkap, Jumat (2/3/2018).

Idul ditangkap setelah berhasil dipancing keluar dari persembunyianya oleh rekannya yang masih berstatus pelajar.

“Jum'at siang sudah ada laporan seorang tahanan yang mencoba melarikan diri sudah ditangkap dengan strategi penangkapan ia dipancing dengan temannya yang masih sekolah dengan cara menghubunginya dengan Handphone, pelaku pun langsung keluar dan akhirnya ditangkap,” kata Kakanwil Kemenkumham Maluku Utara, Drs. Agus Rawan, SH.

Meski Idul berhasil diamankan, Agus menegaskan akan tetap melakukan pemeriksaan terhadap petugas Rutan Kelas II B Ternate.

"Saya selaku kepala kantor akan minta untuk dibuatkan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) terhadap petugas yang ada maupun kepala pengamanan rutan, dan petugas jaga yang memberikan ijin seorang tahanan itu membeli obat di kantin, hingga kabur," ujarnya.

Tidak hanya petugas, Kepala divisi pemasyarakatan (Kadipas) juga katanya diberikan peringatan keras atas tidak adanya laporan terkait kaburnya tahanan tersebut.

“Karena bukan kali ini saja tidak memberikan laporan, tapi sudah berulang kali," katanya.

"Apapun yang terjadi harus dilaporkan, jangan hanya diam, jika seperti ini ñanti nya ada pemeriksaan, saya akan ungkap kan bahwa secara hirarki, secara birokrasi, kepala Devisi kemasyarakatan tidak melaporkan kepada kepala kantor wilayah yang seharusnya dilakukannya, karena inormasi ini justru saya dapat dari luar," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com