Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Terpilih, Dedi Mulyadi Siap Bangun Jalan Tol Selatan Bogor-Pangandaran

Kompas.com - 02/03/2018, 21:25 WIB
Irwan Nugraha,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi berjanji akan membangun jalan tol Selatan Jabar mulai dari Kabupaten Bogor sampai Pangandaran jika ia terpilih di Pilkada Jabar.

Akses jalan tersebut diyakini bisa membuka potensi wisata dan sektor perekonomian warga di daerah yang selama ini tertinggal.

"Pembangunan Jalan Tol Lingkar Selatan Jawa Barat salah satu prioritas program kerja nantinya. Pembangunan infrastruktur tersebut mulai dari Bogor Selatan, Sukabumi Selatan, Cianjur Selatan, Garut Selatan, Tasik Selatan sampai Pangandaran," jelas Dedi seusai blusukan bertemu para pelaku usaha kecil menengah di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jumat (2/3/2018).

Dedi menilai, rencana pembangunan tol itu bisa menjadi jalan keluar permasalahan sektor wisata dan ekonomi di wilayah selatan Jawa Barat. Apalagi, kata dia, selama ini akses jalan menuju wilayah Priangan Timur hanya mengandalkan jalur arteri via Gentong, Tasikmalaya dan Garut Kota.

Baca juga : Dedi Mulyadi: Satu Dokter Satu Desa Atasi Masalah Kesehatan Warga Miskin

Akses jalan dari kota besar ke wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran tersebut saat ini sudah tak bisa menampung jumlah kendaraan. Jika hari libur atau musim mudik, jalur tersebut selalu macet, belum lagi kondisinya yang berkelok-kelok.

"Ini merupakan salah satu masalah infrastruktur di Jawa Barat adalah akses jalan yang belum terkoneksi," ujar dia.

Selesai pembangunan Tol Bogor-Pangandaran Selatan, tambah Dedi, jalur tol itu pun nantinya akan dikoneksikan dengan Tol Cikopo-Palimanan. Sehingga, akses jalan di Jawa Barat akan terkoneksi dengan jalur Tol Lingkar Selatan dan Utara.

"Nantinya akses jalan ke Jabar akan lebih mudah dan bisa menghindari rawan macet," ujar dia.

Meski demikian, Dedi nantinya akan terlebih dahulu menata tata ruang yang akan dibuka untuk akses jalan dan infrastruktur lainnya. Yakni, pemisahan lahan pertanian, pegunungan, perkebunan dan tambahan sarana akses wisata yang benar. Hal itu agar pola pembangunan yang akan dilakukan tidak menganggu lingkungan alam.

"Tapi nanti akan diatur dulu tata ruangnya, tak boleh kita seenaknya menganggu lingkungan. Soalnya kalau seenaknya nantinya akan mudah terjadi bencana," kata dia.

Baca juga : Dedi Mulyadi Yakin Dana Pemprov Jabar Cukup untuk Program Jaminan Hari Tua

Selama ini, menurut Dedi, potensi wisata alam di selatan Jawa Barat sangat besar dan perlu perhatian serius pemerintah. Salah satu yang menghambat pengunjung datang ke lokasi wisata adalah akses jalan yang jauh dan kondisinya berkelok-kelok serta terdapat tanjakan dan turunan terjal.

Beberapa lokasi di Jabar Selatan yang sudah terkenal di antaranya Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Pantai Pameungpeuk Garut, Pantai Cipatujah dan Pamayang Tasikmalaya, sampai ke Pantai Parigi dan Pangandaran.

Kompas TV Beragam cara dilakukan para pasangan calon, salah satunya sosialisasi ke redaksi media.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com