Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati hingga Susi Pudjiastuti Saksikan Upacara Ngaben Termegah di Puri Ubud

Kompas.com - 02/03/2018, 18:22 WIB
Caroline Damanik

Editor

UBUD, KOMPAS.com - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan sejumlah menteri Kabinet Kerja menghadiri upacara Ngaben keluarga Kerajaan Puri Ubud di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (2/3/2018).

Para menteri yang hadir antara lain Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri UKM dan Koperasi AA Gede Ngurah Puspayoga, serta Jaksa Agung Prasetyo.

Di balai yang posisinya lebih tinggi, Susi yang mengenakan kebaya berwarna putih duduk di samping Megawati.

Upacara Ngaben ini digelar sebagai penghormatan terakhir terhadap Anak Agung Niang Agung yang meninggal dunia di Denpasar pada pertengahan Januari lalu dalam usia 96 tahun.

Anak Agung Niang Agung adalah istri kedua dari Tjokorda Agung Gede Sukawati, Raja Puri Ubud.

(Baca juga: Upacara Ngaben Termegah Digelar di Puri Ubud, Ribuan Orang Tumpah Ruah)

Upacara Ngaben yang disebut termegah di Bali ini dihadiri oleh ribuan orang. Ritual kremasi jenazah dalam skala besar ini disebut melibatkan sekitar 4.500 warga dari 12 desa adat di kawasan Ubud dan disaksikan ribuan orang serta wisatawan.

Bade setinggi 27,5 meter juga sudah berdiri menjulang di sisi Puri Agung Ubud, sejak Kamis (1/3/2018) siang. Acara dimulai pukul 10.00 Wita dan berlangsung selama 1,5 jam. (Tribun Bali, Antaranews.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com