Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos IMF Naik ke Lantai 10 Candi Borobudur lalu Tertegun dengan Keindahannya

Kompas.com - 01/03/2018, 19:53 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde berkesempatan mengunjungi Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, di sela lawatannya di Indonesia.

Lagarde sangat terkesan dengan cagar budaya peninggalan wangsa Syailendra abad ke-9 itu, terlebih dengan pemandangan alam di sekitarnya.

Hal itu diungkapkan Humas Balai Konservasi Borobudur (BKB), Mura Aristina, yang bertugas mendampingi Lagarde selama di Candi Borobudur, Kamis (1/3/2018). Lagarde juga didampingi Kepala Seksi Konservasi BKB Iskandar M Siregar.

"Beliau naik sampai lantai 10, menikmati setiap lantai dengan membaca relief, mengagumi strukturnya, interlocking system-nya. Beliau juga bertanya bagaimana candi ini bisa bertahan dari hujan, gempa dan sebagainya," ungkap Mura.

(Baca juga: Kisah Nenek Siti, Rela Hujan-hujanan Berbagi Air Minum Gratis untuk Borobudur Marathon)

Kunjungan ini memang tertutup bagi media. Lagarde diketahui hanya ingin berwisata di candi yang sudah ditetapkan Unesco sebagai warisan budaya dunia itu.

Kepada Lagarde, Mura menyampaikan bahwa Candi Borobudur adalah wujud kebersamaan dan gotong royong nenek bangsa Indonesia. Candi ini dibangun oleh rakyat yang pada masa itu memiliki beragam kepercayaan dan beragam golongan.

"Borobudur dibangun di tengah perbedaan. Ketika agama Hindu dan Buddha berkembang di daerah pesisir, sementara rakyat di hutan dan gunung menganut animisme maupun dinamisme. Tapi sang Raja ketika itu memberi kecukupan kepada mereka sehingga rakyat pun sukarela membangun candi ini," tuturnya.

(Baca juga : Di Borobudur, Sembilan Remaja Diciduk Warga Saat Akan Pesta Ganja)

Lagarde berada di candi Borobudur sekitar satu jam. Selain mengagumi candi, Lagarde juga sangat takjub dengan alam di sekitarnya. Menurut Mura, Lagarde beberapa kali melihat alam dari atas candi hingga tertegun.

"Beliau beberapa kali tertegun melihat pemandangan dari atas, cukup lama, melihat hamparan sawah, pegunungan Menoreh, Merapi. Beliau mengatakan kalau Indonesia ternyata sangat indah," ungkap Mura.

Sebelum ke Candi Borobudur, Lagarde sempat diajak Presiden Joko Widodo "blusukan" ke Pasar Tanah Abang Jakarta dan bertemu dengan Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X.

Lagarde akan berada di Indonesia hingga beberapa hari ke depan sebelum pelaksanaan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali pada 8-14 Oktober 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com