Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pilpres 2019, Gus Ipul Dukung Jokowi Jadi Capres

Kompas.com - 28/02/2018, 20:12 WIB
Achmad Faizal,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com — Calon gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghormati sepenuhnya keputusan PDI-P mengusung kembali Jokowi pada Pilpres 2019.

Adapun PDI-P telah memastikan mendukung Joko Widodo sebagai presiden. Namun, belum diketahui apakah nanti Gus Ipul juga akan mendukung Jokowi atau tidak.

"Ya iyalah, memang begitu. Memang yang seharusnya mencalonkan itu adalah partai," kata Gus Ipul saat blusukan di Kampung Nelayan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (28/2/2018).

Menurut Gus Ipul, apa yang diputuskan partai pasti akan dia hormati. "Kami tidak boleh memutuskan sendiri calon presiden," ujarnya.

Ketika didesak apakah akan mendukung Jokowi, Gus Ipul mengatakan, yang sudah tergambar jelas tidak perlu ditanyakan. "Ya iyalah, Pak Jokowi. Memang ada calon lain?" tambahnya.

Baca juga: Blusukan ke Kampung Nelayan Kenjeran, Gus Ipul Dicurhati Para Janda

Pada Pilkada Jatim, dia berpasangan dengan kader PDI-P, Puti Guntur Soekarno. "Kami tidak mungkin berbeda dukungan," tutur Gus Ipul.

Untuk diketahui, PDI-P akhirnya resmi mengusung Presiden Jokowi untuk kedua kalinya sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2019.

Deklarasi pengusungan Jokowi sebagai capres berlangsung dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI-P di Grand Inna Beach, Sanur, Bali, Jumat (23/2/2018). Selain untuk mewujudkan aspirasi masyarakat, PDI-P juga ingin memberikan kesempatan kepada Jokowi untuk melanjutkan ide pembangunan lima tahun ke depan.

Baca juga: Menangkan Gus Ipul-Puti Soekarno, Banteng Muda PDI-P Siapkan Serangan Udara

Kompas TV Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf bertemu dengan petani di Bumiaji, Kota Batu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com