Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serahkan 24 Pesawat F16 Bantuan AS, Menhan Pesan agar Dirawat hingga Usia Optimal

Kompas.com - 28/02/2018, 17:26 WIB
Muhlis Al Alawi,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com — Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyerahkan 24 pesawat tempur F16 C/D kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Lanud Iswahjudi, Magetan, Rabu (28/2/2018). 

Menhan Ryamizard berpesan kepada Panglima TNI agar merawat dan memelihara 24 pesawat tempur F16 hingga memiliki usia pakai yang optimal.

"Saya minta kepada Panglima TNI beserta staf dan seluruh prajurit untuk merawat dan memelihara alutsista ini dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, pesawat ini memiliki usia pakai yang optimal," ujar Ryamizard seusai menyerahkan pesawat itu di Lanud Iswahjudi, Magetan, Rabu siang.

Penyerahan 24 pesawat tempur jenis F16 tipe C dan D yang merupakan hibah dari Pemerintah Amerika Serikat dihadiri oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal Yuyu Sutisna, perwakilan Angkatan Udara AS Mayor Jenderal Walter Sams, dan Dubes AS Donovan.

Baca juga: Indonesia Resmi Terima 24 Pesawat Tempur F-16 Hibah AS

Menurut Ryamizard, penyerahan 24 pesawat F16 itu menjadi bagian dari upaya pemenuhan alutsista TNI. Selain itu, bagian perwujudan pertahanan negara smart power untuk menghadapi ancaman nyata dan ancaman yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan Indonesia.

"Pesawat F16 EDA (Excess Defence Article) merupakan pesawat modern berteknologi canggih. Kehadiran pesawat ini juga dapat memperkuat jajaran TNI AU yang memiliki tanggung jawab besar menjaga kedaulatan NKRI," tutur Ryamizard.

Sementara itu, Dubes AS Donovan menyatakan, penambahan 24 unit F16 dari AS melengkapi 10 pesawat sebelumnya yang sudah dimiliki Indonesia. Hal ini menunjukkan kemitraan strategis Indonesia-AS semakin kokoh dan terus berkembang.

Baca juga: Empat Pesawat Tempur F16 Bantuan Amerika Tiba di Lanud Iswahjudi

"Sejak pertama kali diluncurkan, lebih dari 70 personel TNI AU menjalani pelatihan di AS. Mereka terdiri dari pilot F16, personel bagian pemeliharaan, mesin, dan struktur pesawat," ujar Donovan.

Tak hanya itu, kata Donovan, Angkatan Udara AS juga mengutus pilot-pilot F16-nya ke Indonesia untuk melatih pilot TNI AU. Selain itu, AS-Indonesia memulai program penyempurnaan armada F16 secara bersama-sama.

"Program penyempurnaan F16 Falcon Star akan semakin menambah kapabilitas tempur TNI AU yang juga menjadi kebanggaan bagi AS," ucap Donovan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com