Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikunjungi Menhan, Putra Abu Bakar Ba'asyir Minta Ayahnya Dibebaskan

Kompas.com - 27/02/2018, 22:43 WIB
Muhlis Al Alawi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Keluarga Ustaz Abu Bakar Ba'asyir menerima kunjungan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu di kediaman kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (27/2/2018).

Menhan tiba di kediaman Ustaz Abu Bakar sekitar pukul 16.00 WIB dan diterima Ustaz Abdul Rochim Ba'asyir yang tak lain putra Ustaz Abu Bakar, pimpinan Ponpes Al Mukmin Ngruki dan pimpinan Yayasan Al Mukmin Ngruki.

"Beliau (Menhan Ryamizard Ryacudu) ke sini untuk bersilaturahmi mengenal lebih jauh tentang keluarga kami di sini dan pesantren," kata Ustaz Abdul Rochim saat ditemui wartawan di rumahnya, Selasa (27/2/2018).

Menurut Abdul Rohim, Menhan didampingi Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Widi Prasetijono dan Dandim 0735/Surakarta, Letkol Inf Ali Akhwan.

Baca juga : 35 Napi Kasus Terorisme Dapat Remisi, Termasuk Abu Bakar Baasyir

Saat tiba di pesantren, Menhan berbicara seputar kondisi pesantren saat ini. Tak hanya itu, Menhan juga menanyakan kondisi kesehatan dan status hukum Ba'asyir.

Dalam pertemuan itu, Abdul Rochim berharap Ba'asyir bisa dipulangkan alias dibebaskan dari penjara, sehingga dapat dirawat oleh keluarga dengan baik di rumah. Sebab, usia Ba'asyir sendiri sudah menginjak kepala delapan dan butuh perawatan khusus dari keluarga.

"Apalagi beliau (Abu Bakar Ba'asyir) kondisi juga sakit. Jadi alangkah baiknya kalau dikembalikan kepada keluarga supaya bisa dirawat keluarga di rumah. Karena kaki beliau bengkak, mau jalan juga sulit dan sebagainya," terangnya.

Baca juga : Keluarga Menilai Hukuman Isolasi Baasyir Sudah Tak Manusiawi

Menurut Abdul Rochim, penyakit kaki bengkak yang dialami Ba'asyir karena faktor usia, sehingga yang dibutuhkan saat ini adalah perawatan intensif dari keluarga.

"Kalau di penjara itu usia sudah tua tentu tidak akan mendapat pelayanan kesehatan yang sesuai yang diharapkan. Untuk itu, keluarga berharap alangkah baiknya Ustaz Abu Bakar dikembalikan kepada keluarga supaya mendapatkan perawatan yang diharapkan," harap Abdul Rochim.

Kompas TV Hal ini disampaikan Menhan Ryamizard, setelah menggelar rapat dengan Komisi I DPR.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com