Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jateng Targetkan Paritisipasi Pemilih di Pilkada Serentak 77,5 Persen

Kompas.com - 27/02/2018, 22:32 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah menargetkan 77,5 persen tingkat partisipasi pemilih pada penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018. Target itu diyakini tercapai karena sosialisasi sudah dilakukan.

"Kalau bicara target partisipasi pemilih Pilkada Serentak 2018 kami mengacu KPU pusat 77,5 persen," kata Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Jateng, Diana Arianti ditemui saat sosialisasi "KPU Jateng Goes to Campus" di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Selasa (27/2/2018).

Dia mengatakan, alasan sosialisasi dilaksanakan di kampus karena selama ini lembaga pendidikan merupakan kawasan netral dari kegiatan politik. Sehingga dalam kesempatan itu, KPU Jateng memulai sosialisasi pemilih Pilkada Serentak 2018 dari UNS Solo.

"Kampus kami representasikan sebagai tempat yang netral karena tidak terkait dengan manapun. Kampus juga kami anggap tempat yang independen," jelas Diana.

Baca juga : Aher Targetkan Partisipasi Pemilih di Pilkada Jabar 70 Persen

Selain di UNS Solo, kata Diana, dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018, KPU Jateng juga menggandeng 14 universitas lain di wilayah Jateng. Hal itu agar mereka tidak hanya datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya, tetapi juga ikut berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilihan.

"Bahwa saat umur untuk menjadi KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) ini kan jumlahnya menjadi turun. Kami harapkan rekan-rekan mahasiswa dan pelajar yang memenuhi syarat umur 17 tahun didorong untuk menjadi petugas di TPS," jelas dia.

KPU Jateng akan mulai membuka pendaftaran petugas KPPS pada Mei 2018 atau sekitar satu bulan menjalang pemilihan Pilkada Serentak 2018, sehingga sosialisasi "Goes to Campus" menjadi salah satu upaya KPU Jateng untuk menjaring petugas KPPS serta pemilih pemula.

Baca juga : Partisipasi Pemilih Rendah, Potensi Kerugian Pilkada di Garut Capai Rp 40 Miliar

Adapun universitas yang digandeng KPU Jateng dalam proses sosialisasi ini, antara lain Universitas Muhammadiyah Purwakarta, Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed), Universitas Diponegoro, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kompas TV Di Kudus, Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri rapat kerja cabang khusus, yang digelar oleh pengurus DPC PDI Perjuangan, Kudus.

Kompas TV Warga melakukan protes karena tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada putaran pertama Pilkada DKI Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com