Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung dan Hujan Es Landa Wajo, Penampakannya Bikin Warga Panik

Kompas.com - 27/02/2018, 21:36 WIB
Abdul Haq ,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

WAJO, KOMPAS.com - Angin puting beliung disertai hujan es melanda Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (27/2/2018). Penampakan angin puting beliung terlihat pada pukul 16.15 Wita hingga pukul 16.45 Wita.

Angin puting beliung ini juga disertai dengan hujan es yang membuat warga panik berlarian.

Penampakan angin puting beliung disaksikan warga dari berbagai titik lantaran angin tersebut bergerak di atas permukaan Danau Tempe yang merupakan ikon daerah tersebut.

"Anginnya jelas sekali berputar-putar di atas danau jadi banyak orang yang rekam pakai HP," kata Edi Sudirman, seorang warga Sengkang yang dikonfirmasi Kompas.com.

(Baca juga: Viral, Video 2 Gadis ABG Duel di Jalan Diduga karena Masalah Asmara)

Hingga saat ini, belum diperoleh informasi kemungkinan adanya kerusakan fisik atau korban luka.

Selang lima menit setelah angin puting beliung hilang, warga dikejutkan dengan hujan es yang mengguyur. Hujan es tersebut sebesar kelereng dan membuat warga setempat semakin panik.

Pihak Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Makassar yang dikonfirmasi mengaku bahwa fenomena hujan es tersebut memang benar terjadi akibat pertumbuhan awan Cumulunimbus.

"Iya memang terjadi hujan es dan ini akibat pertumbuhan awan Cumulonimbus di langit Wajo dan awan Cumulonimbus tersebut mengalami penurunan suhu yang cukup drastis hingga membentuk kristal dan jatuh ke permukaan tanah yang dianggal hujas es," tutur Siswanto, Kepala Bidang Sub Pelayanan Jasa Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika wilayah IV Makassar.

(Baca juga: Tegur Orang Ribut di Kafe, Anggota Brimob Dikeroyok hingga Tewas)

 

 

Kompas TV Puting beliung menerjang permukiman warga di kawasan Lereng Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur. Belasan rumah warga rusak dan sejumlah pohon tumbang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com