Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Ridwan Kamil, Alumni UC Berkeley AS Kumpulkan Rp 1,2 Miliar

Kompas.com - 25/02/2018, 08:54 WIB
Dendi Ramdhani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah alumnus University of California, Berkeley, Amerika Serikat asal Indonesia melakukan aksi galang dana sebagai bentuk dukungan terhadap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang tengah berkontestasi pada Pilkada Jawa Barat 2018.

Dalam kegiatan yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (24/2/2018), panitia mampu mengumpulkan dana sekitar Rp 1,2 miliar.

"Inisiatif acara ini awalnya karena pertemanan. Ini inisiatif saya dan teman-teman untuk mendukung Kang Emil,” kata Agus Sari selaku koordinator acara, dalam siaran pers yang diterima Sabtu malam.

Dukungan dari alumni UC Berkeley itu, sambung Agus, merupakan bentuk partisipasi nyata untuk Ridwan Kamil. Menurut dia, para alumni berkeyakinan Ridwan Kamil sebagai sosok yang pas untuk memimpin Jawa Barat.

"Pengalaman dia mengatur Bandung adalah salah satu keberhasilan yang sudah kita lihat," ujar Agus.

(Baca juga: Begini Cara Ridwan Kamil Cari Dana Kampanye)

Agus menuturkan, acara itu sudah dipersiapkan sejak sebulan lalu. Dalam agenda itu, panitia menjual tiket makan malam dari mulai Rp 100.000 hingga Rp 75 juta, sesuai dengan aturan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Respons dari teman-teman ternyata sangat bagus dan sampailah acara ini terwujud. Dari tamu yang sudah booking, uang yang terkumpul mencapai Rp 1,2 miliar. Nilai itu masih terus bertambah karena ada tamu-tamu undangan dadakan," ucap Agus.

Dia mengatakan, aksi galang dana itu cukup efektif untuk mengubah political financing dengan semangat kampanye terbuka. Dana yang terkumpul pun langsung disetor melalui situs "Udunan Warga" dan dapat diakses secara transparan.

"Kalau dulu itu kan ada cukong, kalau sekarang tidak. Cara ini menjadi jembatan para pendukung dan simpatisan untuk mengumpulkan dana untuk pemimpin pilihannya," ucap Agus.

"Kami tidak menerima uang tunai. Semua ditransfer ke rekening Udunan Warga, mengikuti anjuran KPU serta diaudit oleh akuntan publik dan dilaporkan ke KPU secara berkala," tuturnya.

Ridwan Kamil merupakan alumnus University of California, Berkeley, Amerika Serikat, dan mendapat gelar Master of Urban Design pada 2001.

Kompas TV Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memiliki strategi dengan merangkul generasi milenial sebagai sasaran utama pemilih.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com