Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantai 2 dan 3 Matahari Kudus Ludes Terbakar

Kompas.com - 22/02/2018, 18:57 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Reni Susanti

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan Matahari Mall Kudus, Jawa Tengah, terbakar, Kamis (22/2/2018). Amukan si jago merah yang berlangsung berjam-jam ini meluluh lantakan lantai 2 dan 3 gedung berlantai tiga ini.

Warga setempat, Teguh Riyadi (35) mengatakan, kepulan asap hitam yang bersumber dari bangunan Matahari Kudus mulai terlihat warga sekitar pukul 06.00 WIB.

Para pedagang Pasar Bitingan yang berlokasi tak jauh dari Matahari Kudus sontak berlari berhamburan membawa barang-barangnya.

"Para pedagang yang panik melihat asap hitam dari Matahari Kudus, bubar menyelamatkan barang dagangannya," kata Teguh.

(Baca juga : Anak Korban Kebakaran Tamansari Bingung Harus Tidur di Mana...)

Tak berapa lama, TNI, Kepolisian, dan BPBD tiba di lokasi kejadian. Belasan unit kendaraan pemadam kebakaran dioperasikan untuk mengatasi kobaran api. 

Proses pemadaman api menjadi tontonan warga. Mereka berkerumun di sekitar lokasi kejadian untuk menyaksikan. Sementara sejumlah pemilik gerai di lantai dasar sibuk menyelamatkan barang dagangannya, dibantu warga.

Sat Lantas Polres Kudus diterjunkan untuk mengurai arus lalu lintas yang tersendat di pusat perkotaan Kudus itu.

"Jalur kami alihkan ke jalur lain. Tersendatnya arus karena banyaknya warga yang berdatangan untuk menyaksikan kebakaran," kata Kasat Lantas Polres Kudus, AKP Eko Rubiyanto.

Asap Hitam Pekat

Asap hitam pekat mengepul membumbung tinggi dari celah bangunan yang mulai beroperasi sejak 1990 lalu itu. Suara berisik dari benda yang terbakar terus terdengar bahkan hingga jarak jauh dari lokasi kejadian.

Suara polisi melalui pengeras suara pun terdengar. Polisi mengimbau warga tidak mendekati lokasi karena berbahaya. 

Petugas pemadam kebakaran terus berjibaku menjinakkan api. Untuk mempercepat proses pemadaman, petugas dan warga memecahkan sejumlah kaca Matahari Kudus. Satu per satu kaca dilempari batu.

Sekitar pukul 12.00 WIB, api sudah bisa dikendalikan. Meski demikian, asap putih tipis masih mengepul.

 

(Baca juga : 4 Provinsi Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan)

Seisi ruangan lantai 2 dan 3 ludes terbakar. Api juga merembet membakar sebagian lantai 1.  Sementara para penjinak api masih sibuk menyiramkan air untuk pendinginan.

Store Manager Matahari Kudus, Djarot Trinobo menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam insiden naas ini. Sebab, kebakaran terjadi saat tidak ada aktivitas di dalam Matahari Kudus.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com