Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hafal Al Quran Surah Arrahman, Bisa Hapus Tato Gratis di Sini

Kompas.com - 22/02/2018, 17:05 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Azwin Huzaifi berperan tidak seperti biasanya. Kini dia sedang menjadi pasien yang sedang menghapus tato yang melekat di tangannya.

Biasanya, pria berusia 26 tahun itu berprofesi sebagai asisten Tatto Artist atau tukang tato yang biasa membuka jasa di Jalan Biliton, Surabaya. Dua tangan Azwin penuh tato bergambar beragam simbol. Tato baginya juga menjadi identitas penunjang profesinya yang juga sebagai vokalis grup band.

Karena alasan tertentu, Azwin ingin menghapus tato di tangan yang memanjang hingga ke lengannya. Menghapus tato itu setelah dirinya mulai aktif belajar agama beberapa bulan terakhir.

"Saya ingin tubuh saya lebih suci saja," kata warga Jalan Sidotopo ini, Kamis (22/2/2018).

Azwin juga mulai berhenti menjadi Tatto Artist. Dia kini bekerja sebagai praktisi di pusat penjualan peralatan elektronik di Surabaya.

Dia pun mendatangi kantor komunitas Go Hijrah di Jalan Diponegoro Surabaya. Komunitas yang membantu warga menghilangkan tato secara gratis.

"Treatment penghapusan tato untuk Azwin tidak bisa dilakukan sekali, karena area tatonya lumayan luas," kata Koordinator Go Hijrah, Muhammad Iqbal.

Baca juga : Hafal Teks Proklamasi, Makan Rawon Cuma Bayar Separuh

Sekali treatment, kata dia, sesuai standar penanganan yang dianjurkan dokter kulit, hanya seluas kartu tanda penduduk (KTP).

Azwin sendiri masih kali ketiga datang ke kantornya untuk menghapus tato.

"Azwin sendiri sebenarnya bisa menghapus tato, karena itu dia kadang juga membantu menghapus tato pasien di sini," jelasnya.

Hafal ayat Al Quran

Iqbal mengaku banyak menerima pasien hapus tato gratis semenjak layanan itu dibuka Oktober tahun lalu. Untuk mendapatkan layanan hapus tato gratis, dia hanya memberi syarat hafal Al Quran surah Arrahman.

"Surat Arrahman menerangkan tentang nikmat yang diberikan Tuhan kepada manusia. Tubuh yang bersih adalah salah satu nikmat Tuhan. Membersihkan tubuh dari tato adalah salah satu cara mensyukuri nikmat Tuhan," ucapnya.

Sepanjang 5 bulan, pihaknya menerima lebih dari 30 pasien, dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga pegawai swasta.

"Bahkan ada pimpinan kantor urusan agama (KUA) yang pernah datang ke sini untuk menghapus tato," ucapnya.

Promosi tersebut mulanya hanya melalui media sosial, namun belakangan mulai ramai dibicarakan publik dari mulut ke mulut.

Baca juga : Cerita Mempelai Pria Berjuang Hafal Pancasila Semalaman demi Nikahi Kekasih

Membuka layanan menghapus tato adalah salah satu program komunitas Go Hijrah yang didirikan Iqbal. Selain itu, komunitasnya juga memiliki program rutin seperti pengajian dan layanan pengobatan bekam dan rukyah.

"Komunitas kami hanya membantu warga yang ingin berhijrah menuju jalan baik menurut ajaran agama Islam," terangnya.

Kompas TV Tilawatil Quran 2 Anak Ini Buat Jenderal TNI Terkesima
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com