Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kader PKB, PPP, dan Hanura Jabar Alihkan Dukungan ke Paslon Lain

Kompas.com - 20/02/2018, 17:30 WIB
Irwan Nugraha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com — Para petinggi pengurus PKB, PPP, dan Partai Hanura Jawa Barat mendadak berbelok arah dukungan. Mereka mendeklarasikan pasangan calon lain di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (19/2/2018) malam.

Deklarasi tersebut dihadiri ratusan kader ketiga partai dan diwakili Ketua Bapillu DPW PPP Jabar Komarudin Taher, Ketua Bapillu Partai Hanura Jabar Budi Hermansyah, dan Ketua Dewan Syuro PKB Kabupaten Subang Agus Eko Muhammad Solihundan.

Ketiga partai merupakan pendukung pasangan nomor urut satu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu). Namun, pada Senin malam itu, mereka mengalihkan dukungan kepada pasangan nomor urut empat, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Deklarasi itu dihadiri cagub Jabar Deddy Mizwar. 

Ketua Tim Deklarasi Konspirasi Partai PPP, PKB, dan Hanura Komarudin Taher mengatakan, deklarasi tersebut merupakan ajang silaturahim antarpartai.

 

(Baca juga : Survei Indo Barometer, Rindu dan 2DM Bersaing Ketat di Pilkada Jabar)

Hal tersebut bertujuan menyukseskan pasangan nomor urut empat untuk memenangi Pilkada Jawa Barat yang akan digelar pada 27 Juni 2018.

"Ini silaturahim antarpartai bersama Pak Demiz. Karena sedang menghadapi pilgub, baunya bau Pilgub Jabar," ujar Komarudin.

Deklarasi ini muncul dari hati nurani para kader arus bawah yang berbeda pendapat dengan pengurus partai pusat. Mereka menginginkan pemimpin yang benar-benar bekerja melayani masyarakat.

Karakter tersebut ditemukan para kader dalam sosok Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi.

"Kami memiliki nurani yang sama. Ingin pemimpin yang mampu bekerja untuk rakyat. Saya kira, gerakan kami ini akan menggelinding di kabupaten/kota se Jawa Barat," tuturnya.

(Baca juga: Begini Cara Ridwan Kamil Cari Dana Kampanye )

Seluruh kader selama ini sudah siap menerima konsekuensi apa pun dari deklarasi perubahan dukungan ini. Hal ini pun dinilai wajar dalam proses politik.

"Semua ada proses dan itu wajar. Tapi kami ingatkan jika partai main pecat, ya habis ini kader. Cari suara itu bukan perkara gampang, loh," ujarnya.

Komarudin juga mengungkapkan sudah memiliki rencana untuk menggelar kegiatan yang sama dalam rangka konsolidasi kekuatan. Agenda di seluruh kabupaten dan kota di Jabar sudah disusun demi kelancaran suksesi pemenangan calon nomor empat tersebut.

"Ini baru mulai, kami nanti ajak teman-teman di daerah untuk berkegiatan juga. Kami yakin seluruh kader ada di belakang," pungkasnya.

Kompas TV Menurut Indo Barometer, dua pasangan di posisi bawah masih mempunyai kesempatan untuk menaikkan elektabilitas dalam empat bulan ke depan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com