Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan yang Tertutup Longsor di Trenggalek Sudah Bisa Dilalui

Kompas.com - 17/02/2018, 22:06 WIB
Slamet Widodo,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Jalur utama penghubung antara Kecamatan Kampak dan Kecamatan Munjungan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, yang sebelumnya tertimbun longsor sudah bisa dilintasi, Sabtu (17/2/2018).

Kurang lebih selama tiga pekan, jalan penghubung di Dusun Jedeg, Desa Gadimulyo, Kecamatan Kampak, Trenggalek, sudah bisa dilalui setelah proses pembersihan material longsor dilakukan.

Emil yang sebelumnya bertanggung jawab saat masih menjabat sebagai Bupati Trenggalek mengaku lega jalan sudah bisa dilalui.

“Awalnya tidak terbayang, material longsor yang sangat banyak menimbun bisa selesai dibersihkan lebih awal,” ujar Emil.

“Diperkirakan akan selesai berbulan-bulan, dan Alhamdulliah kurang dari tiga minggu,jalur sudah tersambung. Empat alat berat kami kerahkan secara bertahap,” tambah suami artis Arumi Bachsin ini.

(Baca juga:Tinjau Longsor Trenggalek, Emil Dardak Ingin Evakuasi Secepat Mungkin)

Sebelumnya diperkirakan, proses pembersihan material ini diperkirakan baru selesai dalam waktu satu bulan hingga tiga bulan. Jalan akhirnya bisa dilintasi tidak kurang dari tiga minggu.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat selama proses pembersihan material longsor ini. Setelah melalui masa yang sangat rawan serta penuh kehati-hatian, akhirnya membuahkan hasil yang maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Emil.

Meski demikian, para pengguna jalan diharap tetap hati-hati karena proses pembersihan material belum sepenuhnya selesai. Masih ada beberapa pengerjaan drainase serta penguatan tebing yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Sejumlah pengguna jalan berhenti dan memberi ucapan terima kasih kepada Emil Dardak yang datang meninjau perkembangan pembersihan lokasi longsor.

"Terima kasih banyak Pak. Sekarang sudah bisa dilewati. Kami biasa lewat sini menjual hasil pertanian," ujar Siswanto (32), warga yang melintas truk dengan muatan buah durian.

 

Kompas TV Batik trenggalek tengah bersiap untuk diperkenalkan di London Fashion Week.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com