Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Kecam Akun Palsu Bergambar Dirinya yang Serang Sudirman Said

Kompas.com - 16/02/2018, 11:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com — Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecam sebuah akun palsu yang bergambar wajah dirinya di lini masa Twitter, yang menyerang kompetitornya  pada Pilkada Jawa Tengah.

Akun bergambar wajah Ganjar dengan nama @ganjar2periode  itu menulis kalimat provokatif bernuansa ujaran kebencian (hatespeech).

"Alhamdulillah (sudah) ini dikejar, diproses, meski akun itu menghilang. Saya ingin sampaikan bahwa cara seperti itu kampungan, ndesa, dan tidak mendidik," ucap Ganjar, Jumat (16/2/2018).

Akun @ganjar2periode sempat memosting gambar Sudirman Said beserta kalimat-kalimat provokatif. Belum jelas siapa yang diduga melakukan perbuatan itu.

Tim hukum Ganjar Pranowo kemudian melaporkan temuan itu ke Satgas Cybercrime Polda Jawa Tengah. Akun itu kini sudah tak lagi bisa diakses.

Ganjar mengatakan, pihaknya dan Sudirman mempunyai hubungan yang baik. Ia mengaku tidak mungkin menuliskan kalimat provokasi seperti itu di media sosial.

"Ketika ada Tweet pakai nama @ganjar2periode, tapi isinya fitnah kepada Pak Sudirman Said saya pertanyakan. Saya dengan Pak Sudirman Said baik-bak saja," paparnya.

Ganjar mengecam tindakan itu sebagai hal yang tidak masuk akal. Ketika tidak senang dengan seorang,  sebaiknya hal itu disampaikan dengan baik.

"Itu gila, padahal ada wajah saya. Saya sampaikan di akun itu, Kenapa Anda tega gunakan nama saya untuk fitnah orang," tambahnya.

Akun @ganjar2periode yang sempat mengunggah gambar disertai tulisan yang diduga berisi kampanye hitam itu pun telah diblokir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com