Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelenteng di Kendal Ini Tidak Gelar Acara Perayaan Imlek, Begini Alasannya

Kompas.com - 15/02/2018, 17:19 WIB
Slamet Priyatin,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Kelenteng Tri Dharma di Weleri, Kendal, Jawa Tengah, tidak menggelar acara perayaan tahun baru Imlek. Hal itu dilakukan karena beberapa daerah di Indonesia sedang dilanda bencana.

Seperti yang dikatakan oleh salah satu pengurus Kelenteng Tri Dharma, Lukman Santosa, Kamis (15/2/2018). Lukman menjelaskan, pihaknya merasa tidak etis apabila menggelar perayaan Imlek, sedangkan ada saudara yang menderita karena bencana.

“Beberapa hari lalu, di Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, dan Bransong, ada bencana banjir bandang. Banyak masyarakat yang rumahnya rusak dan harta bendanya hilang. Kami prihatin,“ ujar Lukman.

Baca juga: Gaya Bersolek Kelenteng Kim Hin Kiong Sambut Tahun Baru Imlek

Menurut dia, Kelenteng Tri Dharma sudah dua tahun ini tidak merayakan tahun baru Imlek sebagai tanda ikut bersimpati kepada masyarakat yang dilanda bencana.

“Tahun kemarin juga banyak bencana. Kami sedih,“ akunya.

Walaupun tidak menggelar perayaan tahun baru Imlek di kelenteng, tetapi pihaknya mengirim utusan untuk bergabung dengan etnis Tionghoa yang lain ke Semarang dan Jepara. Ini untuk menjaga rasa persaudaraan sesama umat.

“Semoga semuanya lancar,” harapnya.

Kelenteng Tri Dharma terletak di Dukuh Kedonsari RT 03 RW 08 Desa Penyangkringan, Weleri, Kabupaten Kendal. Kelenteng ini adalah satu-satunya kelenteng yang ada di Kendal dan letaknya berhadapan dengan mushala.

Baca juga: Kelenteng yang Satu-satunya di Kendal Ini Berhadapan dengan Mushala

Kompas TV Jelang perayaan Tahun Baru Imlek ke-2569, para produsen barongsai di Semarang, Jawa Tengah, kebanjiran pesanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com