Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sitti, Numpang di Kolong Rumah dan Bertahan Hidup dengan Garam

Kompas.com - 15/02/2018, 12:25 WIB
Junaedi,
Reni Susanti

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Sitti Nur (45) duduk bersama anaknya, Ramlah (4). Di tangannya terdapat satu piring nasi dan garam. Nasi tersebut ia campurkan dengan garam, kemudian ia menyuapi Romlah.

Setiap hari, hanya nasi dicampur garam yang bisa Sitti berikan kepada anaknya. Agar mudah menelan, biasanya Ramlah menggunakan air minum. Setiap suapan yang masuk ke mulutnya, ia bantu dengan cara meminum air putih.

Sitti sebenarnya tak tega memberi anak semata wayangnya nasi campur garam tiap hari. Apalagi Ramlah mengalami gangguan mental dan tak mampu berbicara.

Namun Sitti tak memiliki pilihan lain. Setelah suaminya, Muhammad (42), meninggal empat tahun lalu karena sakit pencernaan, kehidupan Sitti semakin terpuruk. Sitti pun mendadak menjadi tulang punggung keluarga.

(Baca juga : Penyiksaan TKI di Malaysia, Kisah Suram yang Seolah Tiada Akhir)

Untuk menghidupi keluarga, ia menjadi tukang cuci karung terigu. Karung tang telah dicuci kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu disusun sebanyak 10 lembar dan digulung sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam karung besar.

"Satu karung terigu Rp 50," ujar Sitti, warga Dusun Rea Kontara, Desa Rea, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, belum lama ini.

Sitti Nur (45 tahun), janda asal Desa Rea, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar tenga menyuci karung bekas. Satu karung dihargai Rp 50.KOMPAS.com/JUNAEDI Sitti Nur (45 tahun), janda asal Desa Rea, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar tenga menyuci karung bekas. Satu karung dihargai Rp 50.
Dalam satu hari, sambung Sitti, ia bisa mencuci 100 karung. Itu artinya, uang yang diterima Sitti per harinya hanya Rp 5.000 atau sangat kecil untuk hidup layak.

Itulah mengapa, ia hanya bisa memberi makan anaknya nasi campur garam. Ia baru memberi Ramlah telur atau ikan, ketika menerima upah. Jika upah tersebut telat diterima, Sitti dan anaknya harus puasa dan menahan lapar.

Untungnya, Ramlah tidak rewel dan meminta macam-macam. Ia bahkan tidak minta jajan seperti anak-anak pada umumnya.

(Baca juga : Hidup Miskin, Ibu Empat Anak Ini Bertahan Hidup dengan Batu Bata)

Bukan hanya itu, tempat yang ditinggali Siti dan anaknya jauh dari kata layak. Ibu dan anak tersebut tinggal di kolong rumah warga. Ukurannya sekitar 4x5 meter, beralaskan tanah, tidak ada perabotan apapun selain beberapa piring dan panci untuk memasak.

Ketika malam tiba, Sitti dan anaknya tidur beralaskan tanah yang dilapisi tikar plastik. Beberapa helai pakaian yang ia cuci pun hanya digantung di dinding kamar, karena ia tidak memiliki lemari.

Kini, Sitti kerap sakit-sakitan. Namun ia tidak ingin menyerah, karena bagaimanapun sang anak sangat bergantung padanya.

Kepala Dusun Rea Kontara, Zulkifli menjelaskan, Sitti Nur merupakan warga pendatang di dusunnya. Namun sejak tujuh tahun lalu, ia terdaftar sebagai warga Polewali Mandar yang sah.

Menurut Zulkifli, pemerintah desa dan warga setempat telah memberikan bantuan bangunan rumah layak huni. Namun karena alasan keterdesakan biaya hidup, rumah milik Sitti Nur dijual setelah suaminya meninggal. Sitti pernah mendapat raskin dari pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com