Ridwan Kamil: 300.000 Relawan Siap "Ketuk Pintu" - Kompas.com

Ridwan Kamil: 300.000 Relawan Siap "Ketuk Pintu"

Kompas.com - 14/02/2018, 17:43 WIB
Ridwan Kamil dan Muhamad Solihin.KOMPAS.com/Putra Prima Perdana. Ridwan Kamil dan Muhamad Solihin.


BANDUNG, KOMPAS.com - Kandidat gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, siap tempur menghadapi masa kampanye Pilkada Jawa Barat 2018. Selain mempersiapkan diri, ia pun sudah menyiapkan 300.000 relawannya untuk bersilaturahim ke seluruh penjuru Jawa Barat.

"300.000 relawan saya sudah siap bergerak untuk silaturahim ketuk pintu ke seluruh pintu rumah penduduk sampai Juni," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (14/2/2018).

Dalam pleno terbuka, Selasa (13/2/2018), Emil yang berpasangan dengan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum mendapat nomor urut 1.

Emil menganggap nomor 1 akan memudahkannya dalam sosialisasi kepada masyarakat. Menurut dia, nomor 1 cenderung lebih mudah diingat masyarakat.

"Gampang kampanyenya, kalau banyak pilihan, dia akan memulai melalui matanya dari nomor 1. Kalau nomor satunya sudah jatuh cinta, dia enggak akan berpikir dua tiga dan lain-lain," ujarnya.

Baca juga: Dapat Nomor Urut 1, Doa Ridwan Kamil yang Terkabul Saat Umrah

Emil mengaku akan memulai perjalanan kampanyenya pada Kamis besok. Daerah pertama yang akan dikunjungi adalah Karawang dan Purwakarta. Pada saat bersamaan, dia pun mengerahkan relawannya untuk melakukan sosialisasi.

"Besok sudah mulai ke Karawang, Purwakarta. Kan sekarang dibatasi, jadi kami mengandalkan relawan juga. Kalau mengandalkan pergerakan paslonnya saja pasti terbatas," tuturnya.

Namun, sambung Emil, nomor urut tak lantas menjamin kemenangan dalam pilkada. Menurut dia, nomor 1 hanya simbol agar masyarakat lebih mudah mengingat.

"Ketika dulu (Pilwalkot 2013) dapat nomor 4 kan di tengah, saingan delapan. Saya bikin bajunya ngejreng. Saya merah, Mang Oded putih, kasih lambang itu triknya. Supaya karena banyak pilihan, kalau nomor satu mah paling kiri," jelasnya.

Baca juga: Pimpin Apel Terakhir, Ridwan Kamil Minta PNS Jaga Integritas


Kompas TV Menurut Indo Barometer, dua pasangan di posisi bawah masih punya kesempatan untuk menaikkan elektabilitas dalam empat bulan ke depan.

Komentar

Close Ads X