Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpin Apel Terakhir, Ridwan Kamil Minta PNS Jaga Integritas

Kompas.com - 14/02/2018, 14:24 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memimpin apel terakhirnya bersama para aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Bandung di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu (14/2/2018).

Hari ini menjadi saat terakhir Ridwan memimpin Kota Bandung. Mulai Kamis (15/1/2018), ia resmi menjalani cuti kampanye untuk Pilkada Jawa Barat 2018.

Kepada para pegawai, ia menitipkan pesan agar senantiasa menjaga integritas.

"Iya integritas itu benteng, benteng ini adalah kunci. Di dalam benteng yang kokoh kita bisa apa saja terjadi tiba-tiba gentengnya bocor musuh akan datang bentengnya rusak kita diserang oleh nilai-nilai negatif dan seterusnya," ujar Emil, sapaan akrabnya.

(Baca juga : Ridwan Kamil Klaim Sudah Penuhi Janji Kampanye )

Emil melanjutkan, seorang pegawai negeri mengemban tanggung jawab besar. Karena itu, kejujuran menjadi pondasi utama dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat.

"Karena kalau kerja profesional itu kerjanya ada di pikiran. Tapi kalau integritas itu ada di batin. Kejujuran itu susah, makanya saya tekankan itu," tuturnya.

Dia menegaskan, sistem saat ini sudah sangat canggih untuk memantau kinerja aparatur negara. Sebab itu, ia meminta agar pegawai di Pemkot Bandung tak main-main dengan anggaran serta tak menggadaikan integritas demi secuil keuntungan.

"Instrumen untuk menangkap, instrumen untuk meng-OTT, instrumen untuk apa sudah sangat canggih. Saya juga pasti diawasi dengan ketat oleh sebuah cara yang saya tidak paham. Makanya saya jaga, saya fokus pada integritas itu," jelasnya.

Kompas TV Menurut Indo Barometer, dua pasangan di posisi bawah masih punya kesempatan untuk menaikkan elektabilitas dalam empat bulan ke depan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com