Ancaman Bom Tak Terbukti, Bank BRI Cabang Garut Dibuka Kembali - Kompas.com

Ancaman Bom Tak Terbukti, Bank BRI Cabang Garut Dibuka Kembali

Kompas.com - 14/02/2018, 13:34 WIB
Upaya pemeriksaan kantor BRI Cabang Garut dilakukan aparat kepolisian dengan menurunkan tim penjinak bom dari Polda Jabar, Rabu (14/2/2018) siang.KOMPAS.com/ ARI MAULANA KARANG Upaya pemeriksaan kantor BRI Cabang Garut dilakukan aparat kepolisian dengan menurunkan tim penjinak bom dari Polda Jabar, Rabu (14/2/2018) siang.

GARUT, KOMPAS.comAncaman bom kepada semua kantor Bank BRI yang ada di Garut, Jawa Barat, hingga Rabu (14/2/2018) siang tidak terbukti.

Kantor Bank BRI Cabang Garut pun beroperasi kembali pukul 12.30 WIB setelah dilakukan sterilisasi dan pemeriksaan oleh Unit Penjinak Bom Polda Jabar.

"Hasil penyisiran Gegana, alhamdulillah bersih dan aman walau memang masih ada kegiatan sterilisasi," ujar Kepala Polres Garut AKBP Budi Satria Wiguna di kantor Bank BRI Cabang Garut di Jalan Ahmad Yani, Rabu.

Budi meyakinkan, pihaknya bersama Kodim 0611 Garut telah menginstruksikan kepada jajaran polsek dan koramil untuk memeriksa kantor unit Bank BRI yang ada di kecamatan-kecamatan. Dari hasil laporan yang diterimanya, ancaman bom tersebut tidak terbukti.

"Ancaman memang ke seluruh BRI Garut, kami tidak akan tinggal diam, semua akan dicek," ujarnya.

Sementara terkait motif ancaman bom terhadap BRI tersebut, Budi menegaskan, pihaknya masih melakukan pendalaman.

Baca juga: Ada Ancaman Bom, 34 Kantor Bank BRI di Garut Ditutup

Hal yang sama diungkapkan Dandim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Aziz yang ditemui di kantor Bank BRI Garut. Menurut Asyraf, jajaran koramil telah diinstruksikan untuk melakukan pengecekan bersama polsek. Dari hasil pengecekan, tidak ada bom yang ditemukan.

 Kepala Bank BRI Cabang Garut Sugeng Riyadhi menyampaikan, ancaman terhadap BRI Garut memang tidak disampaikan secara langsung. Ancaman itu disampaikan pelaku ke kantor Bank BRI pusat. Setelah mendapat laporan dari Bank BRI pusat, pihaknya pun langsung melakukan sterilisasi dengan mengeluarkan semua karyawan dan nasabah.

"SOP-nya begitu di BRI, setelah laporan ke polres dan kodim, kami lakukan sterilisasi," ujarnya.

Sugeng mengakui, ancaman bom memang kepada semua kantor Bank BRI yang ada di Garut. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI untuk melakukan pengecekan di semua kantor BRI.

"Jadi, ada 34 kantor BRI di Garut. Setelah ada kepastian aman dari kepolisian, kami buka kembali," katanya.

Pantauan Kompas.com di kantor Bank BRI Cabang Garut di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, upaya pemeriksaan bom dilakukan oleh dua Unit Tim Penjinak Bom Polda Jabar dengan dua kendaraan. Setelah sekitar setengah jam lebih memeriksa titik-titik yang diduga tempa menyimpan bom, akhirnya tim meninggalkan lokasi dan menyatakan tidak ada bom di kantor bank milik pemerintah itu.

Baca juga: Pelaku Ancaman Bom terhadap Kelenteng di Karawang Ditangkap

Setelah dinyatakan bersih dari bom, garis polisi yang dipasang menutupi pintu masuk kantor BRI Cabang Garut pun dilepas. Setelah itu, puluhan karyawan BRI yang tadinya berada di luar kembali masuk dan bekerja melayani nasabah.

Kompas TV Jelang perayaan Imlek Kelenteng Kwan-Ti-Kun di Karawang, Jawa Barat, pada hari Minggu (11/2) petang menerima ancaman teror bom.


Komentar

Close Ads X