Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Banjir Jakarta, Bima Arya Ajukan Penambahan Sumur Resapan

Kompas.com - 12/02/2018, 17:21 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengajukan permohonan bentuk kerja sama penanganan masalah banjir di Jakarta. Salah satu solusi yang diberikan Bima adalah membangun sumur resapan dan kolam retensi.

Bima mengatakan, pembuatan sumur resapan maupun kolam retensi dinilai mampu menahan air semaksimal mungkin dari Bogor untuk mencegah banjir di ibu kota.

"Tadi, Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta) saya ajak ke kolam retensi di Cibuluh yang dibangun dengan dana bantuan Rp 10 miliar dari Jakarta," ujar Bima saat mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Bendung Katulampa, Senin (12/2/2018).

Bima menambahkan, pihaknya akan mengajukan proposal kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menambah titik-titik kolam retensi lain di Kota Bogor, terutama di daerah Tanah Sareal dan Bogor Utara.

(Baca juga : Katulampa Siaga Satu, Bima Arya Terus Berkoordinasi dengan Anies )

"Mungkin tiga sampai empat titik lagi ya, saya kira. Kalau di Cibuluh ini kan diperlukan Rp 10 miliar. Kalau tambah empat titik lagi kira-kira Rp 40 miliar lah, segitu. Ya kita ajukan ke pak gubernur untuk dievaluasi," kata Bima.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kedatangannya ke Kota Bogor untuk membahas penanganan banjir Bogor-Jakarta. Dirinya menyebut, persoalan banjir memang menjadi salah satu program prioritasnya.

Anies menyebut, akan sesegera mungkin menyamakan rencana antara pemerintah DKI Jakarta, pemerintah Kota Bogor, pemerintah Kabupaten Bogor, maupun pemerintah Depok, agar penanganan masalah banjir tersebut sinkron.

"Anggarannya belum, nanti kita duduk bersama dulu. Soal pembiayaan kan ada banyak. Ada dari DKI, ada dari kementerian. Ini semua harus kita kerjakan, karena kita sebagai orang yang bertanggung jawab atas wilayah masing-masing," sebut Anies. 

Kompas TV Pada Senin (5/2) pagi, ketinggian air di Bendung Katulampa mencapai 220 sentimeter.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com