Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perizinan Rampung, Selangkah Lagi Bandung Punya LRT

Kompas.com - 12/02/2018, 16:49 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung selangkah lagi dapat menghadirkan moda transportasi moderen berbasis rel atau Light Rapid Transit (LRT). Hal ini menyusul telah turunnya izin dari Kementerian Perhubungan.

Senin (12/2/2018) siang, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil hadir dalam acara pencanangan proyek metro kapsul di Jalan Dalemkaum, Bandung. Acara itu dimaknai sebagai momentum mengawali rangkaian pembangunan LRT Bandung.

"Pencanangan itu kita mengumpulkan semua proses dimulai sejak turunnya surat dari Kementerian Perhubungan. Makanya tadi ada seremoni penyerahan bahwa ini sudah berizin, maka pencanangan ini boleh dimulai," ucap Ridwan.

Pria yang akrab disapa Emil itu menuturkan, peletakan batu pertama proyek LRT tinggal menunggu finalisasi izin mendirikan bangunan (IMB) yang tak akan memakan waktu lama.

(Baca juga : Resmikan Warisan Taman Terakhir, Ridwan Kamil Pamit Jelang Cuti Kampanye )

"Untuk groundbreaking stasiun-stasiun itu masih butuh IMB, IMB-nya sedang finalisasi juga gak ada masalah," katanya.

"Tapi yang namanya tiang-tiang kan bisa dimulai. Jadi ada beberapa komponen dari stasiun, infrastruktur bawah dan sebagainya. Masing-masing proses berlangsung sesuai kebutuhan. Itu kenapa kalimatnya pencanangan," tambah Emil.

Proyek LRT Bandung akan dimulai di titik koridor III sepanjang 8,5 kilometer yang akan melintas di Stasiun Hall, Pasarbaru, Alun-alun, ITC/Abdul Muis, Pasar Ancol/Unla, Buahbatu, Palasari, Papandayan, Pasar Kosambi, Veteran, dan Viaduct.

"Tahap I 8,5 kilometer ini mungkin akan memakan waktu 1,5 tahun. Jadi mungkin secara resmi akan diresmikan wali kota berikutnya. Biarkan sejarah mencatat saya yang melahirkan dan mencari upaya dari posisi yang mahal dan tidak mungkin menjadi mungkin atas segala doa dan upaya," jelasnya.

Kompas TV Ridwan Kamil mengkalim telah memenuhi janji politiknya selama menjabat Wali Kota Bandung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com