Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Orang Terluka pada Penyerangan di Gereja Santa Lidwina Bedog Sleman

Kompas.com - 11/02/2018, 12:21 WIB
Wijaya Kusuma,
Amir Sodikin

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Seorang pria tidak dikenal dengan membawa pedang menyerang umat dan pastor yang sedang menjalankan ibadah misa di gereja Santa Lidwina Bedog, Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta, Minggu (11/02/2018) pagi.

Akibat insiden ini, tiga umat dan satu orang romo yaitu Pastor Karl-Edmund Prier SJ, biasa dipanggil Romo Prier, serta satu orang petugas kepolisian yang berusaha menenangkan pelaku, mengalami luka sabetan pedang dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Ketua Gereja Santa Lidwina, Sukatno, saat ditemui Kompas.com, menceritakan awal mula penyerangan tersebut.

"Tadi di sini ada perayaan ibadat misa ekaristi, dimulai pukul 07.30 WIB. Di perayaan ekaristi tadi, saya bertugas membawa injil," ujar Ketua Gereja St Lidwina, Sukatno.

Baca juga : Sedang Misa, Pastor dan Umat Gereja St Lidwina Sleman Diserang

Sukatno menjelaskan, saat prosesi penghormatan salib, dirinya mendengar umat yang berada di belakang berteriak. Mendengar itu, dirinya lantas menengok ke belakang.

"Saya melihat ke belakang, ada satu pria membawa senjata tajam. Umat berteriak dan berhamburan," tegasnya.

Situasi di Gereja St Lidwina, Sleman, Minggu (11/2/2018) paska penyerangan oleh orang bersenjata.KOMPAS/ BAMBANG SIGAP Situasi di Gereja St Lidwina, Sleman, Minggu (11/2/2018) paska penyerangan oleh orang bersenjata.
Pria tersebut lanjutnya dengan menggunakan pedang melukai umat yang ada di dekatnya. Pria tidak dikenal ini juga bergerak ke depan dan melukai Pastor Prier SJ yang sedang memimpin perayaan misa.

"Umat yang ada di sekitarnya dilukai, termasuk Romo Prier," urainya.

Akibat kejadian ini, kata Sukatno, tiga orang umat mengalami luka termasuk Romo yang memimpin ibadah misa ekaristi. Keempat korban langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan.

Baca juga : Sedang Misa, Pastor dan Umat Gereja St Lidwina Sleman Diserang

"Tiga umat dan Romo Pier mengalami luka. Lalu satu polisi juga mengalami luka di tangan," urainya. Pelaku yang melakukan penyerangan berhasil dilumpuhkan oleh pihak kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com