Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PVMBG Turunkan Status Gunung Agung Jadi Siaga

Kompas.com - 10/02/2018, 13:02 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Agung, Karangasem, dari level IV (Awas) menjadi level III (Siaga) pada Sabtu (10/3/2018).

Perubahan status ini diumumkan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Perubahan ini diumumkan dalam rapat evaluasi Gunung Agung bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan pihak terkait di Pos Pemantauan Gunung Api Agung Rendang, Karangasem.

"Berdasarkan pengamatan aktifitas vulkanik selama satu bulan, PVMBG akhirnya menurunkan status Gunung Agung," kata Jonan.

(Baca juga: PVMBG Turunkan Radius Bahaya Gunung Agung Menjadi 6 Kilometer)

Namun, tidak berarti potensi bahaya Gunung Agung telah hilang sama sekali. PVMBG menetapkan zona bahaya gunung pada radius 4 kilometer.

Menurut dia, dampak dari penurunan status ini adalah seluruh warga yang mengungsi bisa kembali ke kampung halaman masing-masing dan kegiatan aktivitas ataupun pariwisata untuk saat ini dinyatakan aman.

Penurunan status Gunung Agung tersebut dilakukan berdasarkan hasil analisis aktivitas Gunung Agung yang cenderung menurun, baik dari sisi kegempaan, deformasi, maupun embusan.

"Warga yang berada dari zona aman bisa kembali ke kampung masing-masing dan melakukan aktifitas seperti biasanya," kata Jonan.

Kompas TV Meski demikian, petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih merekam adanya sejumlah gempa vulkanik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com