Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Solo Disebut Kota Paling Nyaman untuk Dihuni di Indonesia?

Kompas.com - 10/02/2018, 09:07 WIB
Muhlis Al Alawi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengaku kaget ketika Kota Solo dilabeli sebagai kota ternyaman dan paling layak huni di Indonesia.

Namun menurut dia, Solo disebut sebagai kota paling nyaman untuk ditinggali lantaran warganya yang mampu mengelola kemajemukan.

"Saya baru tahu kalau Solo menjadi kota ternyaman dihuni di Indonesia. Kondisi ini menunjukkan masyarakat Kota Solo mampu mengelola kemajemukan," ungkap Rudy di sela peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Taman Sriwedari Kota Solo pada 5 Februari 2018.

Rudy mengungkapkan, semangat gotong royong dan saling menghargai antarwarganya menjadi salah satu indikator penilaian tim survei. Untuk itu, dia mengajak seluruh warga menjaga dan memumpuk semangat gotong royong dan menjaga kemajemukan di kota budaya.

(Baca juga: "Saya Hanya Keturunan Belanda, Mengapa Diusir dari Tanah Kelahiran Indonesia?")

Menurut Rudy, mampunya warga menjaga dan mengelola kemajemukan ditunjukkan dari sifat warga yang saling menghargai tanpa memandang suku, agama dan golongan.

"Masyarakat mau dan mampu mengelola kemajemukan," ungkap Rudy.

Dia menambahkan, aspek lain Solo menjadi kota ternyaman dihuni juga karena penataan kota. Untuk itu, pemerintah terus mendorong bagaimana infrastrukturnya dan bagaimana ruang terbuka hijau dan ruang terbuka untuk publik makin.

(Baca juga: Dihiasi 5.000 Lampion, Pasar Gede Solo Jadi Tempat Warga Berswafoto)

Rudy menduga, label Solo menjadi kota ternyaman dihuni juga berdasarkan penilaian orang yang datang dan pulang ke Solo. Pasalnya, dia sendiri tidak mengetahui kalau Kota Solo menjadi kota ternyaman di Indonesia. 

Sebelumnya, Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia melakukan survei di 19 provinsi dan 26 kota yang berada di Indonesia sepanjang 2017.

Ada 7 kota yang dinilai sebagai kota yang layak huni. Ada beberapa aspek yang menentukan, antara lain keamanan, keselamatan, kebersihan dan transportasi kota.

Solo sendiri ditetapkan sebagai kota yang paling nyaman di Indonesia untuk ditinggali. Enam kota lainnya adalah Palembang, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang Selatan dan Banjarmasin.

 

 

Kompas TV Rangkaian acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution berlanjut hari ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com