Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Tangkap Lepas Bandar Narkoba, Kapolres Asahan Angkat Bicara

Kompas.com - 08/02/2018, 11:44 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Reni Susanti

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Terindikasi sering melakukan tangkap lepas bandar narkoba, puluhan orang yang mengatasnamakan Kumpulan Anak Perantau Asahan (KAPAS) berunjuk rasa ke Mapolda Sumatera Utara.

Mereka menuntut Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpau mencopot Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga.

Dalam orasinya, Ketua Presidium Sulaiman Akbar dan Kordinator Aksi Arigusti Syahputra membeberkan banyak oknum penegak hukum menjadikan ajang pemberantasan narkoba sebagai lahan untuk memperkaya diri, khususnya di Polres Asahan.

Beberapa kurir dan bandar narkoba yang ditangkap dengan barang bukti sabu, ekstasi, maupun ganja dibebaskan kembali dengan dalih rehabilitasi.

"Padahal jelas di dalam Undang-undang, MoU antara kepolisian, BNN, kejaksaaan, kementerian kesehatan, kementerian sosial, dan Kemenkumham, yang boleh direhabilitasi adalah pengguna narkoba, bukan kurir atau bandar," kata Arigusti, Rabu (7/2/2017).

(Baca juga : Budi Waseso: Bandar Narkoba Ini Kadang Wujudnya Manusia, tetapi... )

Proses rehabilitasi juga tidak sembarangan, harus melalui rekomendasi Tim Asessment Terpadu (TAT) yang melibatkan jaksa, BNN dan kepolisian.

Hasil analisa dan data yang mereka kumpulkan menyebutkan, proses rehabilitasi yang dilakukan Polres Asahan menyalahi prosedur karena tanpa rekomendasi TAT.

"Ada bandar narkoba yang ditangkap lalu dibebaskan dengan cara rehabilitasi, ada apa ini? Ini yang kami pertanyakan dan kami sampaikan kepada Bapak Kapolda," katanya lagi.

Ia mengungkapkan, beberapa kasus tidak jelas kelanjutannya bahkan ada yang diputus rehabilitasi. Seperti kasus Samsul alias Kecubung, yang ditangkap dengan barang bukti sabu 4 gram, dibebaskan karena rehabilitasi. 

Begitupun dengan kasus Wijaya dengan barang bukti 12 gram sabu, kelanjutan proses hukumnya tidak jelas. Sedangkan bandar Ucok, dilepaskan dengan alasan situasi Kamtibmas yang tidak kondusif.

"Kemudian razia di Salon Neta pada 30 Desember 2017. Ada 13 orang yang diamankan dengan barang bukti ekstasi. Dua ditetapkan tersangka, 11 lainnya dibebaskan dengan alasan rehabilitasi. Padahal semua pelaku ditangkap saat menggelar pesta narkoba di tempat karaoke," ucapnya.

(Baca juga : Kasat Narkoba Jadi Tersangka Kasus Penjualan Sabu ke Sekretaris Dewan )

Staf humas Polda Sumut Kompol Joni Siahaan yang menerima massa mengaku akan menyampaikan hal ini ke pimpinan terkait.

Kapolres Asahan AKBP Kobul Ritonga yang dikonfirmasi Kompas.com membantah semua tudingan. Ia mengaku saat ini dirinya sedang serius membasmi narkoba di Asahan.

"Saya punya misi nol persenkan Asahan dari narkoba. Selama saya di Asahan, penyidik saya sudah melaksanakan proses sidik sesuai prosedur, tidak benar kalau kami ada tangkap lepas bandar narkoba. Justru dari masyarakat Asahan, kinerja kita diapresiasi," kata Kobul.

Disinggung soal tangkap lepas dan status rehabilitasi yang diberikan kepada para bandar narkoba, Kobul bilang, semuanya sudah melalui proses penyidikan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com