Diduga Kehabisan Uang, Seorang Bule Mengamuk di Bali - Kompas.com

Diduga Kehabisan Uang, Seorang Bule Mengamuk di Bali

Kompas.com - 07/02/2018, 10:22 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

GIANYAR, KOMPAS.com — Seorang bule tanpa identitas mengamuk di Bale Banjar Pande, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali. Selain mengamuk, bule yang diduga berasal dari Rusia ini merusak sejumlah peralatan gambelan.

Bule yang diduga depresi karena kehabisan uang saat berlibur di Bali tersebut kini dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangli.

Seorang warga, Made Sudiangga, mengatakan, bule tersebut hampir diamuk massa karena merusak gambelan. Namun, kemarahan warga hilang setelah mengetahui bule itu seorang perempuan dan mengalami gangguan kejiwaan.

"Kami sudah berulang kali menanyakan namanya, selalu berubah-ubah. Sempat mengaku bernama Liza dan Maria. Namun, saat ditanyakan asalnya, dia mengaku dari Rusia," ujarnya, Rabu (7/2/2018).

(Baca juga: Sejak Ditinggal Istri, S Selalu Mengamuk dan Ingin Bakar Rumah)

Pihaknya mengaku tidak tahu dari mana datangnya dan tempat tinggal bule tersebut di Bali. Ia sudah menyebarkan foto bule tersebut ke kawasan vila dan penginapan di Blahbatuh, tetapi tidak membuahkan hasil sehingga pihaknya menyerahkan bule tersebut ke Satpol PP Gianyar.

Kepala Satpol PP Gianyar Cok Agusnawa mengatakan, pihaknya langsung menyerahkan turis itu ke Dinas Sosial untuk penanganan lebih lanjut.

"Omongannya ngawur dan tidak fokus. Kemungkinan dia depresi karena kehabisan uang. Sudah saya serahkan ke Dinas Sosial untuk penanganan lebih lanjut," katanya.

Setelah mendapat pengantar dari Dinas Sosial dengan status sementara sebagai orang telantar, Dinas Kesehatan langsung berkoordinasi dengan RSJ Bangli.

(Baca juga: Mengamuk Tengah Malam dan Resahkan Warga, Pemuda Ini Diamankan Dinsos)

Kepala Seksi Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Diskes Gianyar Dewa Oka Harimbawa mengatakan belum berani memastikan kondisi psikis korban.

Namun, dugaaan sementara bule ini adalah orang dengan gangguan jiwa. "Lebih lanjut kami bawa yang bersangkutan ke Bangli. Dalam perkembangannya nanti tentunya dalam pemantauan kami," ucapnya.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Bule Perempuan Ngamuk di Bale Banjar Pande, Diduga Stres Kehabisan Uang


Kompas TV Pasien yang sudah meninggal bahkan masih diinfus dan disuntik perawat atas perintah dokter.

EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X