Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Optimitis Pasangan Ganjar-Taj Yasin Menangi Pilkada Jateng

Kompas.com - 06/02/2018, 22:45 WIB
Labib Zamani

Penulis

SRAGEN, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) optimitis bahwa pasangan yang diusungnya, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimun Zubair alias Gus Yasin, akan memenangi pertarungan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018 di Jawa Tengah.

"Kita ini mau dibilang sombong, ya karepe (silakan). Bahwa Pilkada Jawa Tengah sudah pasti kita menang," kata Ketua Pemenangan Pilkada DPD PDI-P Jateng, Agustina Wilujeng di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2018).

Agustina mengatakan, masalah yang harus dijaga adalah pengalaman yang terjadi di DKI Jakarta. Bahwa ada jenis-jenis kampanye yang bersifat merusak suara di tingkat basis.

"Mereka menggunakan black campaign (kampanye hitam), menggunakan fitnah, menggunakan pertentangan antaragama, suku. Kita sudah merasakan beberapa itu sudah dibawa ke Jawa Tengah," kata sekretaris DPD PDI-P Jawa Tengah.

Menurut Agustina, pertempuran yang dihadapi PDI-P dalam Pilkada Jawa Tengah 2018 bukan melawan kompetitor atau pasangan calon lain, akan tetapi melawan gerakan atau kampanye yang bisa merusak basis suara PDI-P itu. Agustina menyebutkan, sudah ada beberapa kampanye tersebut yang ditemukan PDI-P di lapangan.

"Sudah ketemu banyak, misal di masjid mereka bicara jangan memilih partainya yang mendukung LGBT. Siapa juga yang mendukung. Tapi mereka menyampaikan ciri-ciri partainya itu seperti ini," ungkapnya.

"Terus ada lagi jangan mendukung calon yang tidak seagama dengan kita. Bahaya loh menurut saya, menurut kita (PDI-P) kalau sampai seperti itu," tambah dia.

Baca juga : Seluruh Legislator PDI-P Dikumpulkan Bahas Pemenangan Ganjar-Yasin  

Kendati belum terlihat begitu banyak, tetapi, kata Agustina, kampanye hitam yang menyerang pasangan yang diusung PDI-P tersebut sudah mulai terasa di Jawa Tengah. Sementara guna menangkal kampanye hitam tersebut, PDI-P bersama partai koalisi membentuk satuan tugas (Satgas) NKRI.

Satgas NKRI ini bertugas membawa arah masyarakat kepada NKRI yang sesungguhnya. Misalnya, toleransi, gotong-rotong, dan lain sebagainya. Satgas NKRI dibentuk di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Setiap partai pengusung ada (Satgas NKRI). Kemarin sudah diberikan secara simbolis mobil operasional hasil gotong-royong. Mereka sudah mem-branding mobilnya sendiri-sendiri. Dan, itu menurut saya pekerjaan yang berat daripada hanya sekadar memenangkan Pilgub," katanya.

Baca juga : Bersama Santri, Banteng Demak Siap All Out Menangkan Ganjar-Yasin

Kompas TV Kami berbincang langsung dengan calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com