Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan "Hasanah" Optimistis Bisa Salip Elektabilitas "Rindu" di Pilkada Jabar

Kompas.com - 06/02/2018, 20:44 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Bakal calon gubernur Jawa Barat dari pasangan "Hasanah", TB Hasanudin mengaku bersyukur dalam dua minggu elektabilitasnya naik meski hanya sedikit.

“Saya ada pembandingnya, sekarang sudah di 8,5 persen dalam waktu dua minggu. Yang lain turun kemudian saya naik,” kata TB Hasanudin saat ditemui seusai pengukuhan pengurus Paguyuban Pasundan di Sasana Budaya Ganesha, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Selasa (6/2/2018).

Pria yang akrab disapa Hasan ini optimistis dalam waktu satu bulan ke depan, dengan segenap strategi, dapat menyalip pemilik elektabilitas tertinggi saat ini, yakni pasangan "Rindu" (Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul Ulum).

Dalam hasil survei Cyrus Network, elektabilitas pasangan "Rindu" mencapai 45 persen diikuti pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi di kisaran 40 persen.

“Untuk mengejar 45 persen mungkin pada bulan ketiga sudah saya bisa tracking,” ungkapnya.

Berada di posisi "underdog" tidak membuat Hasan patah arang. Menurut dia, sejarah dua Pilkada Jawa Barat sebelumnya tidak pernah berpihak kepada pemilik elektabilitas tertinggi.

Baca juga : Cyrus Network: 98,5 Persen, Popularitas Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi Sudah Mentok

Pada tahun 2018, kata Hasan, Agum Gumelar adalah tokoh paling populer. Namun ternyata Ahmad Heryawan yang pada saat itu tidak terlalu terkenal justru melejit menjadi pemenang bersama Dede Yusuf sebagai pendampingnya.

“2013 Dede Yusuf top, tapi jadi rangking keempat. Itu semua hanya karena Allah. Saya hanya jalani hidup ini, saya jalani acara ini dengan cara happy. Pokoknya take easy life saja,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan survei Cyrus Network terbaru, suara calon pemilih pra Pilkada Jawa Barat mengelompok pada pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanulum (45,9 persen) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (40,9 persen).

"Sementara calon yang diusung PDI-P kecil sekali (perolehan suaranya), demikian juga calon yang diusung Gerindra," kata Philips dalam paparan survei opini publik Cyrus Network, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Baca juga : Cyrus Network: Ridwan Kamil Masih Jadi Top of Mind Pemilih Jabar

Pasangan calon yang diusung PDI-P, yaitu TB Hasanuddin-Anton Charliyan, dan Gerindra, yakni Sudrajat-Ahmad Syaikhu, memiliki tingkat keterpilihan yang sangat rendah, masing-masing 2,5 persen dan 5 persen.

Kompas TV Hingga hari pendaftaran, ada empat bakal calon yang akan ikut Pilgub di Jabar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com